Sipir Ini Gambarkan Kehidupan Napi dalam Untaian Lagu

Sipir Ini Gambarkan Kehidupan Napi dalam Untaian Lagu

INILAH, Bandung - Petugas Rutan Bandung atau Kebonwaru Asep Muhammad Alibudi menceritakan kehidupan para napi dan sipil dalam lantunan lagu. Tak tanggung-tanggung lagu yang diciptakannya sampai satu album. 

Apa yang diraih Asep diapresiasi oleh Kemenkum HAM Jabar, dan dia pun dinobatkan sebagai juara pertama dalam lomba pencipataan lagu yang diinisiasi oleh Kemenkum Ham.

Kepala Rutan Bandung, Riko Steven mengatakan hasil baik ini menjadi semangat petugas rutan Bandung lainnya. "Pak Asep mendapatkan juara 1 lomba pencipta lagu, yang kebetulan lagu ini dibuat bersama band BKW 29, yang personel nya merupakan narapidana di Rutan Kebonwaru Bandung," jelas Riko.

Bahkan, lagu lagu yang diciptakan Asep, saat ini sudah didaftarkan ke Haki dan sudah memiliki 10 lagu dalam satu album bernama "bang Japra".

Terpisah Kepala Pengamanan Rutan Kebonwaru Bandung, Diaz menjelaskan bahwa lagu-lagu yang diciptakan oleh Asep ini, merupakan lagu yang mengisahkan kehidupan di dalam penjara.

"Ada cerita tentang kehidupan napi, kehidupan petugas dan kisah-kisah didalam penjara yang dialami oleh petugas dan warga binaan," jelasnya.

Bahkan ke depannya lagu ciptaan Asep akan dipublishkan ke masyarakat luas. Untuk saat ini baru di tingkat radio.