Musim Libur, DPRD Minta Gugus Tugas Meningkatkan Pengawasan Prokes di Bandung

Musim Libur, DPRD Minta Gugus Tugas Meningkatkan Pengawasan Prokes di Bandung
Foto: Ahmad Sayuti

INILAH, Bandung- Libur panjang Oktober 2020, Kota Bandung diprediksi dipadati penungjung. DPRD Kota Bandung, meminta Gugus Tugas Penanganan Covid-19 untuk meningkatkan pengawasan akan protokol kesehatan (prokes).

Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan mengatakan, selama musim liburan ini pihaknya meminta dilakukan pengawasan Prokes secara ketat. Petugas di lapangan pun diminta menindak tegas pelanggarnya sesuai dengan Perwal No. 47 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

"Kota Bandung, selalu menjadi pilihan dari kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara, terutama ketika masa libur panjang tiba. Tapi kan, kondisi saat ini, tentunya tidak sama dengan sebelumnya," katanya, belum lama ini.

Ia menjelaskan, kondisi saat ini masih pandemi Covid-19 dan belum berakhir. Bahkan beberapa daerah masih termasuk dalam kategori zona merah. Untuk itu, Pemkot Bandung harus dapat memastikan kesiapan, kenyamanan, dan ketertiban di bidang jasa layanan. 

Tidak hanya dari Pemkot, para pelaku usaha pun harus tetap menerapkan dan mengawasi standar Prokes. Protokol kesehatan 3 M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak merupakan cara yang ampuh mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Seperti terkait pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung harus memastikan kesiapan layanan serta protokol kesehatan di hotel, kafe, restoran maupun tempat hiburan.

Di sisi lain, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) juga harus ikut melakukan pengawasan serupa. Khususnya terhadap sejumlah mal dan sentra bisnis UMKM lainnya di Kota Bandung.

"Kami melihat Kota Bandung yang begerak di bidang jasa, harus dapat memanfaatkan momentum ini semaksimal mungkin. Sehingga memberikan kepuasan wisatawan, yang tentunya berkorelasi dengan pertumbuhan di sektor ekonomi dan pendapatan daerah," ujarnya. (Ahmad Sayuti)