Pemilik Warung di Lembang Meninggal Lantaran Covid, Dinkes Terjunkan Tim

Pemilik Warung di Lembang Meninggal Lantaran Covid, Dinkes Terjunkan Tim
istimewa

INILAH, Bandung - Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat (Dinkes KBB) langsung melakukan tracing setelah salah seorang pemilik rumah makan dan bakso Melati di Lembang meninggal dunia lantaran positif Covid-19.

Pria berinisial H (58) asal Desa Lembang, KBB itu meninggal di Rumah Sakit Boromeus, Kota Bandung dan sudah dikebumikan sesuai protokol Covid-19.

"Iya sudah terkonfirmasi positif, meninggal," kata Kadinkes KBB, Hernawan Widjajanto saat ditemui di Lembang, Kamis (29/10/2020).

Ia menjelaskan, setelah menerima laporan kepastian yang bersangkutan meninggal lantaran positif Covid-19, pihaknya langung menerjunkan tim ke lapangan untuk mentracing terhadap mereka yang kontak erat dengan korban.

"Kita masih mendata  mereka yang kontak erat dengan korban, dan harus diisolasi mandiri sampai hasil swabnya keluar,"  ujarnya.

Untuk meminimalisir penularan, tempat usaha tersebut ditutup sementara melalui surat yang dikeluarkan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Desa Lembang, dengan nomor 035/STPC19.LGB/X/2020.

Kepala Desa Lembang, Yono Maryono menjelaskan, penutupan tempat usaha milik keluarga H tersebut untuk meminimalisir penularan Covid-19. Ada dua tempat usaha yang ditutup sementara.

"Kita sebelumnya koordinasi sama Puskesmas Lembang, lalu Gugus Tugas Pemerintah Desa Lembang langsung menutup sementara," tegasnya.

Dari data sementara, semua kontak erat dengan H sudah dilakukan swab pada Rabu (28/10/2020). Ada tiga orang yang sudah diswab dari keluarganya. Karyawannya isolasi mandiri.

Pihaknya belum bisa memastikan sampai kapan penutupan akan berlangsung. Sebab, pihaknya masih menunggu hasil swab. Ia berharap hasilnya negatif, sehingga usaha tersebut bisa bisa kembali dibuka.

"Kita juga minta masyarakat jangan panik dan tetap menerapkan protokol kesehatan," katanya. (Ahmad Sayuti)