Pelancong Mau ke Cimahi? Siap-siap Jalani Rapid Test

Pelancong Mau ke Cimahi? Siap-siap Jalani Rapid Test
Ilustrasi/Antara Foto

INILAH, Bandung- Pemkot Cimahi berharap musim libur tak jadi sumber penularan Covid-19. Untuk itu Pemkot Cimahi melakukan rapid tes di Pintu Gerbang Tol Baros, dan Cimahi Mall, Jumat (30/10/2020).

Berdsarkan pantauan, tim gabungan dari Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan Satpol PP Kota Cimahi memberhentikan kendaraan dengan plat nomor luar Bandung Raya di Exit Tol Baros. Mereka langsung diarahkan ke petugas kesehatan untuk dilakukan rapid tes.

"Ini kan untuk memutus rantai Covid-19. Kami periksa rapid test gratis untuk pelancong yang datang ke Kota Cimahi," kata Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Maria Fitriana saat ditemui disela-sela pemeriksaan.

Maria menjelaskan, sasaran prioritas rapid test gratis saat libur panjang ini adalah warga yang datang dari luar daerah. Khususnya yang datang dari zona bahaya penularan Covid-19, seperti Jakarta dan Bogor.

Ia mengimbau semua masyarakat, termasuk yang datang ke Kota Cimahi agar tetap menerapkan protokol kesehatan. Dari mulai mengenakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menjaga imun tubuh.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Pratiwi menambahkan, dalam rapid tes untuk pendatang ini pihaknya menargetkan hingga 500 orang bisa ikut melakukan rapid test. Hasilnya akan diinformasikan langsung kepada warga melalui ponsel.

"Kalau reaktif dan pendatangnya masih di Cimahi harus swab tes di Puskemas. Kalau sudah gak di Cimahi, swabnya di daerah masihng-masing," jelasnya.