Ternyata, Kondisi Kesehatan Bisa Dilihat dari Kuku Jari

Ternyata, Kondisi Kesehatan Bisa Dilihat dari Kuku Jari
Ilustrasi/Net

Jakarta - Menurut seorang profesor antropologi di University of Wisconsin-Madison, jari kuku pada hewan termasuk manusia. Pertanyaannya, mengapa kita memilikinya ?

Penguatan. Lapisan luar yang keras pada ujung kuku membuat ujung jari menjadi salah satu bagian tangan yang terkuat. Ini membuat melakukan tugas sehari-hari, termasuk mencengkeram, kurang berisiko. Kuku memiliki banyak pembuluh darah kecil Sumber Tepercaya untuk memasoknya, dan dapat mempertahankan aliran darahnya bahkan saat Anda menggenggam sesuatu dengan sangat erat.

Perlindungan. Memiliki penutup kuku dapat mencegah virus dan bakteri masuk ke dalam tubuh. Jika bantalan kuku seseorang terganggu, mereka mungkin lebih berisiko terkena infeksi kuku.

Meningkatkan gerakan motorik halus. Kuku meningkatkan kemampuan Anda untuk menggaruk dan memisahkan, seperti halaman di buku atau rambut di kepala Anda. Seseorang juga bisa menggunakan kuku jarinya untuk mengambil barang.

Sensasi. Meskipun Anda mungkin tidak menganggap kuku sama sensitifnya dengan ujung jari Anda, ada jaringan saraf yang rumit di bawah kuku.

Mengapa kita memiliki kuku kaki?

Fungsi utama kuku kaki kemungkinan besar untuk perlindungan, dibandingkan dengan meningkatkan cengkeraman atau fungsi motorik halus yang dimiliki kuku.

Bagian atas jari kaki rentan terhadap cedera dan, seperti yang telah kita pelajari dari pengalaman pahit, tersumbat. Dengan memiliki kuku pelindung di bagian atas jari kaki, jari-jari kaki tidak terlalu rentan terhadap cedera dan infeksi.


Kuku jari memiliki aliran darah yang lebih banyak, sebagian karena letaknya lebih dekat ke jantung Anda. Tungkai dan kaki juga mengalami masalah yang lebih besar terkait dengan aliran darah, seperti trombosis vena dalam atau penyakit pembuluh darah perifer lainnya. Ini dapat memengaruhi pertumbuhan kuku kaki dan fungsi kuku kaki.
Terbuat dari apakah kuku?

Kuku jari tangan terdiri dari tiga lapisan jaringan yang disebut keratin. Keratin adalah jenis jaringan yang memiliki protein asam amino. Keratin secara alami ada di rambut dan kuku Anda. Itu juga merupakan komponen yang ditemukan pada hewan lain, termasuk kuku kuda.

Cara sel keratin terhubung untuk membentuk bersama dapat memengaruhi konsistensi dan rasa kuku. Misalnya, lapisan kuku terbuat dari keratin yang lunak, cukup keras, dan keras. Ini semua bersatu untuk menciptakan perisai pelindung yang Anda kenal sebagai kuku jari Anda.

Sementara sel keratin tidak lagi hidup (itulah sebabnya Anda dapat memotong kuku jari tangan dan kaki Anda), mereka mewakili sel-sel hidup sebelumnya yang membutuhkan nutrisi dan protein untuk bertahan hidup.

Jika Anda mempertimbangkan hal ini, mudah untuk melihat bagaimana kelainan bentuk pada kuku dapat mengindikasikan potensi masalah yang mendasari, seperti kekurangan nutrisi. (Lebih lanjut tentang ini di bagian selanjutnya.)


Kuku Jari dapat memprediksi kesehatan?

Dikutip dari healthline.com, kuku jari mungkin merupakan indikator potensial dari kondisi medis yang mendasari. Faktanya, dokter sering menilai kuku untuk membantu mendiagnosis berbagai kondisi medis.

Gangguan kuku umum yang mungkin menunjukkan kondisi kesehatan yang mendasarinya adalah sebagai berikut:

Clubbing. Jari tabuh menyebabkan lengkung ekstrim dan tampilan membulat pada kuku. Ini bisa menunjukkan kadar oksigen yang rendah, termasuk gangguan paru-paru kronis.

Kecekungan. Juga dikenal sebagai koilonychia, cekung terjadi saat kuku menekuk di sisinya, membuat bentuk U dan bukan bentuk C tradisional. Ini bisa terjadi pada orang yang mengalami kekurangan zat besi kronis.

Penjepit. Kuku penjepit sangat bulat, seolah-olah ujung sisi kuku mencoba untuk menyentuh. Penuaan adalah penyebab umum seperti minum obat tertentu, seperti beta-blocker.

Pitting. Pitting menyebabkan beberapa cekungan dangkal di area kuku. Gejala ini bisa jadi akibat kondisi seperti alopecia areata atau psoriasis.

Garis horizontal. Kuku secara alami memiliki garis naik-turun. Ketika garis muncul dari sisi ke sisi dan berwarna keputihan, pucat pada lempeng kuku, dokter menyebutnya sebagai garis Muehrcke. Orang yang memiliki kadar albumin rendah, protein esensial yang membantu menjaga keseimbangan cairan dan zat pengangkut dalam tubuh, mungkin memiliki garis-garis ini.

Garis atau pita hitam. Meskipun ini bisa menjadi variasi normal pada kuku beberapa orang, pita baru berwarna terang membujur hingga coklat tua pada kuku dapat mengindikasikan melanoma subungual. Ini adalah jenis melanoma yang terjadi di kuku dan meluas ke bawah. Dapat menyebabkan gejala tambahan, seperti perdarahan, retakan, dan kerapuhan. (Inilahcom)