Gempa Banjaran Terasa Hingga Garut

Gempa Banjaran Terasa Hingga Garut
ilustrasi
INILAH, Garut-Kendati hanya berlangsung beberapadetik, tak urung sejumlah warga di Kabupaten Garut dikejutkan dengan guncangan gempa pada Senin (11/2/2019) sekitar pukul 13.08 wib.
 
"Saya sampai kaget waktu sedang enak-enak makan mie, tiba-tiba dirasakan bergoyang. Awalnya disangka kepala saya pusing, tapi begitu dilihat lampu gantung bergoyang, saya yakin ini gempa. Untungnya gempanya kecil, dan singkat," kata Ahmar salah seorang pegawai di lingkungan Setda Garut.
 
Senada dikemukkan Kasi Kemitraan Komunikasi Publik Diskominfo Garut Yan Agus Supianto. 
 
Dia bahkan memperlihatkan sejumlah barang di ruang kerjanya yang bergeser, dan jatuh akibat gempa tersebut. 
Sebagian warga lainnya sama sekali tak merasakan adanya guncangan gempa. 
 
"Enggak terasa. Saya malah baru tahu dari teman bahwa tadi ada gempa," kata Nurtanti (37) warga Pataruman Tarogong Kidul.
Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut Tb. Agus Sopyan mengatakan sejauh ini pihaknya belum menerima laporan dari lapangan mengenai adanya korban maupun kerusakan akibat gempa tersebut.
 
BMKG merilis gempa jenis tektonik berkekuatan M=4,1 berpusat  pada koordinat 7,27 LS, dan 107,71 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 17 Km Tenggara Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada kedalaman 10 km.
  
Gempabumi dangkal tersebut terjadi akibat aktivitas Sesar Garsela (Garut Selatan) di sekitar wilayah tersebut. Tidak berpotensi tsunami.(jek)