Layani Pencari Keadilan, Ikadin Bale Bandung Selalu Terapkeun 3M

Layani Pencari Keadilan, Ikadin Bale Bandung Selalu Terapkeun 3M

INILAH, Bandung- Selama masa pandemi dan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Pos Bantuan Hukum (Posbakum) Ikadin Bale Bandung kerap menerapkan protokol kesehatan (Prokes), baik diintern ataupun saat melayani masyarakat.

Ketua Posbakum Ikadin Bandung, Dikdik Sumaryanto mengatakan, sejak pandemi berlangsung, pihaknya sudah bersiap untuk menerapkan kebiasaan baru. Memang awalnya kaku, tapi kelamaan jadi terbiasa. "Kami selalu mengimbau, baik anggota maupun pencari keadilan yang datang ke Posbakum untuk menerapkan protokol kesehatan," katanya, Jumat (30/10/2020).

Para advokat yang lebih banyak beracara di Pengadilan Negeri Bandung, lanjut Dikdik, saat ini sudah terbiasa menerapkan 3M. Yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Apalagi di Pengadilan Negeri Bandung kerap berkumpul banyak orang, mulai dari pegawai pengadilan, advokat, pencari keadilan, jaksa, wartawan hingga tamu-tamu lainnya. "Alhamdulillah, sekarang kami semua selalu jaga jarak, tidak berjabat tangan, dan mengusahakan untuk selalu menggunakan masker dengan baik. Tentu saja ini kami lakukan agar tak terpapar virus corona," jelas Dikdik.

Langkah lain yang dilakukan, ujarnya, yakni melakukan pembicaraan dengan menggunakan zoom meeting. Baik dengan sesama advokat maupun para pencari keadilan. "Jadi mengurangi tatap muka langsung," tandas dia seraya menambahkan, selalu menekankan para anggotanya agar rutin berolahraga dan mengonsumsi vitamin c.