Antisipasi Lonjakan Pasien Covid, Kabupaten Cirebon Siapkan 11 RS

Antisipasi Lonjakan Pasien Covid, Kabupaten Cirebon Siapkan 11 RS
Anggota Bidang Komunikasi Publik Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Cirebon Nanan Abdul Manan. (maman suharman)

INILAH, Cirebon - Untuk mengantisipasi lonjakan pasien covid-19, Kabupaten Cirebon telah menyiapkan 11 Rumah Sakit (RS).

Sebanyak 11 RS tersebut nantinya untuk tempat karantina dan perawatan. Dari jumlah tersebut, sedikitnya 2 RS telah memenuhi kapasitas ruang perawatan pasien Covid-19, sedangkan 4 RS lainnya di ambang kapasitas. Dua RS tersebut adalah Pertamina dan Sumber Waras.

Demikian dikatakan Anggota Bidang Komunikasi Publik Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Cirebon Nanan Abdul Manan, Sabtu (31/10/2020). Di menyebutkan, untuk RS Pertamina kapasitas 26 tempat tidur, seluruhnya telah terisi. Sedang ruang isolasi RS Sumber Waras yang kapasitasnya 11 tempat tidur, juga sudah penuh.

"Untuk RS Pertamina, dari 28 pasien yang dirawat, 23 orang merupakan pasien positif dan 5 orang pasien suspek. Kalau di RS Sumber Waras, dari 11 pasien yang dirawat, 6 orang merupakan pasien positif dan 5 orang lainnya pasien suspek," ungkap Nanan.

Nanan menjelaskan, selain di ruang isolasi, beberapa pasien ditangani di ruang ICU/isolasi dengan ventilator. RS Pertamina diketahui menyiapkan 4 tempat tidur di ruang ICU/isolasi dengan ventilator dan 2 tempat tidur telah terisi. Sedangkan ruang isolasi di 4 RS lain, juga mulai diambang batas atau memenuhi kapasitas. Ke-4 RS itu yakni RS Mitra Plumbon, RS Permata, dan RS UMC, dan RS Sumber Hurip.

"RS Mitra Plumbon, kapasitas ruang isolasi ada 30 tempat tidur. Sejauh ini telah terisi 29 tempat tidur. Kalau jumlah pasien positif yang dirawat di rumah sakit ini ada 22 orang dan 5 pasien suspek. Selain di ruang isolasi, beberapa pasien ditangani di ruang ICU/isolasi dengan ventilator," jelasnya.

Sementara data lain menyebutkan, di ruang isolasi RS Permata, dari kapasitas 15 tempat tidur, 13 tempat tidur di antaranya telah terisi. Di rumah sakit ini dirawat 13 pasien terkonfirmasi Covid-19 dan 2 pasien suspek. Sementara, di ruang isolasi RS UMC, dirawat 2 pasien positif dan 1 pasien suspek. Kapasitas ruang isolasi di RS ini berjumlah 4 tempat tidur.

Untuk RS Sumber Hurip, tersedia 2 tempat tidur di ruang isolasi. Dari jumlah itu, 1 tempat tidur telah terisi oleh seorang pasien suspek. Sedangkan di luar ke-6 RS tersebut, masih terdapat 5 RS lain dengan ruang isolasi cukup banyak tersedia, salah satunya RSUD Waled yang keterisiannya sejauh ini tercatat 8 tempat tidur dari kapasitas 12 tempat tidur.

Sementara RS Paru Sidawangi Provinsi Jawa Barat, dari kapasitas 11 tempat tidur, 4 tempat tidur di antaranya telah terisi. Namun,  ruang isolasi di 2 RS yang tersisa bahkan belum terisi. RS tersebut adalah Jantung Hasna Medika dan RSIA Khalishah, dengan masing-masing berkapasitas 2 tempat tidur. (maman suharman)