Antisipasi Kemacetan Tol Cipali, Petugas Gabungan Terjun ke Lapangan

Antisipasi Kemacetan Tol Cipali, Petugas Gabungan Terjun ke Lapangan
Tim Gabungan terjun langsung memantau jalur tol. (maman suharman)

INILAH, Cirebon - Mengantisipasi kepadatan di jalur Tol Cipali, Polresta Cirebon melakukan rekayasa lalu lintas. Caranya, dengan mengalihkan kendaraan angkutan golongan 3-5 ke jalur arteri. Kendaraan tersebut dikeluarkan dari pintu keluar Tol Palimanan 4.

Rekayasa lalu lintas ini melibatkan personel gabungan yang terdiri dari Polda Jawa Barat, Polresta Cirebon, Dirjen Perhubungan Darat, Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon, dan Jasa Marga.

"Ini untuk mengantisipasi arus balik libur panjang dan cuti bersama dalam rangka Maulid Nabi Muhammad. Kami keluarkan kendaraan angkutan barang dari arah Jawa Tengah. Kami alihkan ke exit tol Palimanan 4 menuju jalur arteri," kata Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M Syahduddi, Sabtu (31/10/2020).

Menurutnya, pengalihan arus lalu lintas untuk mengurangi beban Tol Cipali yang mengarah ke Jakarta, supaya tidak terjadi kemacetan. Hal itu karena, arus Lalin mulai arah Jateng menuju Jakarta, sudah mulai padat. Tercatat, mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB, sudah ada 3.000 kendaraan yang melintas dari arah Jawa Tengah menuju ke arah Jakarta.

"Kalau dihitung mulai pukul 00.00 WIB  sampai pukul 12.00 WIB, sudah ada 8.000 kendaraan yang melintas di ruas Tol Cipali. Mulai siang ini sudah nampak ada peningkatan aktivitas masyarakat yang melakukan arus balik di ruas Tol Cipali," ungkap Syahduddi.

Syahduddi memastikan, kebanyakan kendaraan yang melintas di tol Cipali merupakan kendaraan pribadi. Sedangkan kegiatannya sendiri, akan berakhir pada tanggal 2 November pukul 08.00 WIB. Dirinya memprediksi, puncak arus balik terjadi besok siang sampai dengan malam hari. 

Terkait  rest area mana saja yang masuk wilayah hukum Polresta Cirebon, Syahduddi menyebut rest area  KM 229 B. Rest area inilah, yang selalu dikontrol dengan menerjunkan petugas gabungan. Hal itu untuk memastikan, apakah rest area bisa menampung kendaraan atau tidak. Tidak itu saja, pemantauan juga untuk menghindari penumpukan kendaraan pada rest area tersebut.

"Kita sudah terjunkan personel gabungan di rest area KM 229 B. Ini supaya  tidak terjadi penumpukan kendaraan dan kemacetan di dalam tol," tukas Kapolresta. (maman suharman)