Tunggu Kejelasan PSSI, Skuat Persib Diliburkan

Tunggu Kejelasan PSSI, Skuat Persib Diliburkan
dok/inilahkoran

INILAH, Bandung - Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts akhirnya memutuskan untuk meliburkan skuatnya. Pasalnya, Liga 1 2020 ditunda sampai awal tahun 2021 mendatang. 

Meski demikian, pelatih asal Belanda ini meminta kejelasan dari PSSI mengenai keputusan penundaan tersebut. Sebab induk organisasi sepak bola Indonesia tidak mencantumkan tanggal dan bulan, kapan kompetisi bisa dilanjutkan. 

"Dalam surat yang kami terima belum menjelaskan secara pasti kapan kami akan memulai (liga), bagaimana kami memulainya dan hingga kapan kami baru akan memulainya. Jadi kami masih kebingungan," ungkap Robert. 

Robert tak ingin keputusan itu membuat dampak buruk kepada para pemainnya. Baik itu secara mental maupun fisik yang sudah dipersiapkan selama ini. 

"Secara fisik tentu itu berkaitan dengan kontrak, dan kami bicara mengenai kehidupan banyak orang yang terlibat di sepak bola. Pada akhirnya, pesepak bola, pelatih dan staf secara prinsip seolah dihukum karena tidak diizinkan untuk bermain sepak bola," tuturnya. 

Selain itu, lanjutnya, tidak ada pemasukan yang normal didapatkan. Sehingga berimbas pada kehidupan masing-masing keluarga. 

"Jadi kami tentunya sangat cemas dengan masa depan. Dan jika itu terjadi, maka mereka tidak termotivasi lagi untuk berlatih," katanya.

Karena itu, Robert menunggu surat resmi dari PSSI maupun PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengenai jadwal lanjutan Liga 1 2020 usai diputuskan ditunda. 

"Untuk saat ini kami juga terpaksa membatalkan latihan. Kami akan bertemu dengan pemain pekan depan, lalu bersama pemain kami akan mengambil keputusan berdasarkan surat resmi dari PSSI," pungkasnya. (Muhammad Ginanjar)