Agar Tak Terulang Banjir, Ini Permintaan Ketua Komisi III DPRD

Agar Tak Terulang Banjir, Ini Permintaan Ketua Komisi III DPRD
istimewa

INILAH, Bogor - Pascabanjir di beberapa titik, Ketua Komisi III DPRD Kota Bogor Adityawarman Adil meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor memperketat pengawasan bangunan liar. 

"Terkait adanya banjir di beberapa titik Kota Bogor karena adanya bangunan liar yang menutupi drainase dan penumpukan sampah, saya meminta agar pengawasan pendirian bangunan di pemukiman. Karena bangunan-bangunan liar diatas saluran air atau drainase merugikan masyarakat banyak sehingga pengawas aparatur wilayah dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait harus ditingkatkan," ungkap Adit kepada INILAH, Minggu (1/11/2020).

Adit melanjutkan, ini menjadi catatan penting pihaknya, sehingga harus satu paket ketika ada pembangunan besar seperti yang terakhir adalah pembangunan tol BORR harus disiapkan drainase yang memadai.

"Jadi setiap ada pembangunan jalan, disiapkan drainasenya jangan terpisah-pisah kegiatannya. Air sesuai kodratnya atau fitrah alaminya selalu menuju tempat yang lebih rendah. Tentu, dengan kontur Kota Bogor yang lumayan banyak daerah yang berbeda ketinggian, tentu wilayah yang lebih rendah banyak dirugikan apabila drainasenya tidak bagus," tambahnya.

Dia pun menyoroti masalah permasalahan di kota-kota besar pada umumnya. Menurutnya, pemerintah harus memiliku pengolahan sampah yang terintegrasi antara program pengolahan sampah pemerintah kota dengan program swadaya masyarakat.

"Ya, sehingga diharapkan bisa mereduksi sampah di Kota Bogor yang kalau tidak ditangani dengan baik menyebabkan banjir dan lainnya," pungkasnya. (Rizki Mauludi)