1.405 Wisatawan Dites Rapid, 75 Orang Dinyatakan Reaktif Covid-19

1.405 Wisatawan Dites Rapid, 75 Orang Dinyatakan Reaktif Covid-19
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Bogor - Sebanyak 75 orang wisatawan yang berkunjung ke kawasan Puncak dinyatakan reaktif setelah menjalani rapid test yang dilakukan Satgas Penangganan Covid 19 Kabupaten Bogor.

Mereka langsung mengikuti swab test atau diputarbalikkan ke daerah asal masing-masing dan diminta untuk mengisolasi diri hingga hasil swab testnya keluar setidaknya hingga 14 hari mendatang

"Dari 1.405 wisatawan yang dirapid test selama masa libur panjang kemarin, ada 75 orang wisatawan yang dinyatakan reaktif Covid 19, mereka langsung di swab test, diputarbalikkan ke daerah asal  dan diminta untuk mengisolasi diri hingga keluar hasil swab testnya. Mengenai kapan keluar hasi swab test itu tergantung antrian uji PCR di Labkesda atau RSUD Cibinong dan Ciawi dimana paling cepat dua minggu," kata Sekretaris Satpol PP Kabupaten Bogor Iman Budiana kepada wartawan, Minggu (1/11/2020).

Ia menerangkan, berkurangnya jumlah wisatawan yang dirapid pada hari ini yaitu 200 orang tidak sebanyak pada Kamis kemarin (918 orang) karena banyak wisatawan yang sudah pulang pada Sabtu sore atau malam.

"Menurut pantauan rekan-rekan Satgas Covid 19 Kabupaten Bogor, banyak wisatawan yang sudah pulang ke daerah asal pada Sabtu petang kemarin, hingga pagi ini kami tidak banyak menjaring wisatawan," terangnnya.

Diwawancarai terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Mike Kartalina Suwardi menuturkan hasil rapid test maupun swab test akan dikordinasikan jajarannya dengan Satgas Penangganan Covid 19 Tanggerang, Serang, DKI, Bekasi dan Depok.

"Hasil rapid maupun swab test kami koordinasikan dengam Satgas Penangganan Covid 19 daerah asal, dari pendataan kami, selain warga Bogor banyak juga warga DKI Jakarta, Serang, Tanggerang, Bekasi maupun Depok yang dinyatakan reaktif Covid 19," tutur Mike.

Ia menjelaskan pada Kamis pelaksanaan rapid dan swab test dilakukan di tiga titik yaitu Jalan Raya Puncak, Kecamatan Ciawi, Jalan Alteenatif Kecamatan Megamendung dan Rest Area Telaga Warna, Kecamatan Cisarua.

"Sesuai rencana kegiatan, untuk mengangtisipasi membeludaknya jumlah wisatawan ke Kawasan Puncak kami mengoptimalkan pelaksanaan rapid dan swab test pada hari pertama, lalu hari kedua hingga hari keempat kami hanya melaksanakan rapid dan swab test di Jalan Raya Puncak, Ciawi. Untuk meminimalisir penyebaran wabah Covid 19 kami pun sudah memberikan imbauan kepada pengelola objek wisata untuk ketat dalam melaksanakan protokol kesehatan Covid 19 seperti wajib menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan secara rutin," jelasnya. (Reza Zurifwan)