Veni, Vidi, Vici, Nathaniel Phillips!

Veni, Vidi, Vici, Nathaniel Phillips!
Antara Foto

MANAJER Liverpool Juergen Klopp memuji habis-habisan penampilan debut Nathaniel Phillips saat Liverpool menaklukkan West Ham 2-1 di Anfield, Minggu (1/11) dini hari WIB.

Phillips dipercaya Klopp mendampingi Joe Gomez sebagai palang pintu pertahanan Liverpool. Dia bermain di tengah krisis bek tengah lantaran cedera yang membekap Virgil van Dijk, Joel Matip serta Fabinho.

Hal itu menjadi penampilan debut Phillips yang sebelumnya hanya sekali main untuk tim utama Liverpool di Piala FA musim lalu. Sebelumnya dia lebih banyak menghuni tim akademi serta sempat dipinjamkan ke VfB Stuttgart.

Kepercayaan Klopp dibayar lunas Phillips yang tampil solid mengawal pertahanan Liverpool, bahkan bek berusia 23 tahun itu menjadi pemain yang paling banyak memenangi duel udara di laga tersebut.

"Jika Anda tahu cerita di belakangnya, itu akan membuat penampilan tadi semakin luar biasa. Saya turut senang untuknya, sebab dia pantas mendapatkan kesempatan ini," kata Klopp dalam komentar pascalaga dilansir laman resmi Liverpool.

"Dia sosok hebat, pintar dan memahami dirinya sendiri sebagai pesepak bola. Ia membuat semuanya sederhana malam ini, sesuatu yang penting bagi kami," ujarnya menambahkan.

Klopp juga menilai Phillips begitu vokal dalam berkomunikasi dengan rekan-rekannya untuk menggalang pertahanan Liverpool.

"Sungguh penampilan hebat dan ia pantas mendapat penghargaan pemain terbaik, terlebih yang menyerahkannya adalah Jamie Carragher, yang pasti paham perasaan Phillips malam ini," kata Klopp merujuk pada mantan wakil kapten Liverpool yang kini menjadi pandit untuk Sky Sports itu.

Phillips sendiri mengaku bahwa penampilan debutnya bak sebuah mimpi yang jadi nyata dan ia bertekad untuk terus bekerja keras agar bisa diberi kepercayaan lagi oleh Klopp.

"Saya senang bisa mendapat kesempatan hari ini dan yang terpenting tim meraih hasil bagus," kata Phillips.

"Di usia saya sekarang, penting untuk bisa tampil di tim utama. Bukan berarti saya akan menggedor pintu kantor manajer dan mengajukan tuntutan, tetapi saya harus bisa mendorong kesempatan itu datang lagi. Setelah malam ini, saya yakin bisa tampil di level ini dan tugas selanjutnya adalah menjaga standard ini dan terus berkembang lebih baik lagi," ujarnya melengkapi.

Phillips bukan tak mungkin akan mendapat kesempatan lagi, mengingat agaknya badai cedera bek tengah Liverpool belum menunjukkan tanda-tanda bakal berakhir dan The Reds masih menghadapi kepadatan jadwal hingga akhir tahun nanti.