Bandung Sesak Weekend, Tapi Parkir Hanya Nambah 50 Persen

Bandung Sesak Weekend, Tapi Parkir Hanya Nambah 50 Persen

INILAH, Bandung - Pendapatan parkir Kota Bandung tidak mengalami peningkatan cukup menonjol pada libur pekan akhir Oktober kemarin, meski jumlah wisatawan yang datang mencapai ribuan orang. 

Kepala UPT Parkir Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Nasrul Hasani mengatakan, kenaikan pendapatan parkir tidak lebih dari 50 persen kendati sejumlah tempat publik telah diberikan relaksasi. 

"Bahkan cenderung sepi, terkecuali di sejumlah ruas jalan ada yang terbilang lumayan. Tetapi tidak melebihi dari 50 persen dari pendapatan normal per harinya seperti sebelum pandemi," kata Nasrul pada Selasa (3/11/2020).

Menurut dia, pendapatan parkir bisa mencapai 50 persen saja di masa pandemi saat ini sudah terbilang bagus. Terlebih pada libur panjang kemarin, parkir kendaraan didominasi parkir off the road. 

"Parkir di jalan malah sepi. Kebanyakan mereka parkir di lokasi parkir yang dikelola swasta seperti di hotel, tempat wisata dan lain-lain. Peningkatan ada, tetapi ya itu tadi, tidak banyak," ucapnya. 

Nasrul menambahkan, Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Perparkiran di tahun ini, ditargetkan pendapatan sebesar Rp 72 miliar. Namun lantaran pandemi, situasi semakin sulit. 

"Tetapi kita baru mendapat keringanan di 2021. Beban pendapatan target kita turun menjadi Rp 30 miliar. Kebijakan ini tentu sudah melalui pertimbangan dari tim Gugus Tugas Covid-19," ujar dia. (Yogo Triastopo)