Kesadaran 3M Masih Rendah, Satpol PP Kota Bandung Siapkan Duta Perubahan Perilaku

Kesadaran 3M Masih Rendah, Satpol PP Kota Bandung Siapkan Duta Perubahan Perilaku
Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung, Taspen Effendi. (Yogo Triastopo)

INILAH, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus berupaya meningkatkan kesadaran dalam menerapkan protokol kesehatan melalui program Duta Perubahan Perilaku.

Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung, Taspen Effendi mengatakan, telah menyiapkan puluhan wanita selaku duta edukasi.

"Ada 25 wanita (mojang) yang kita siapkan untuk mensosialisasikan protokol kesehatan (3M). Sementara ini, mereka akan kita sebar di pusat-pusat keramaian," kata Taspen pada Selasa (3/11/2020).

Namun menurutnya, duta-duta tersebut, kedepannya akan melakukan sosialisasi ke tingkat kewilayahan. Dengan demikian, kesadaran protokol kesehatan di masyarakat diharapkan dapat meningkat.

Minimal dalam penggunaan masker misalnya. Sebab perilaku masyarakat sampai saat ini dalam melaksanakan protokol kesehatan, dinilai masih rendah terlihat dari banyaknya jumlah pelanggaran.

"Kita berharap mojang duta perubahan perilaku ini dapat mengakselerasi kesadaran masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan. Dan ini juga kita harapkan terus dilakukan secara berantai," ucapnya. (Yogo Triastopo)