Alhamdulillah, 99 Orang Sembuh dari Covid-19 di Garut dalam Sehari

Alhamdulillah, 99 Orang Sembuh dari Covid-19 di Garut dalam Sehari
istimewa

INILAH, Garut-Setelah sempat dikejutkan dengan beberapa kali peningkatan luar biasa (outbreak) angka positif Covid-19, masyarakat di Kabupaten Garut kini boleh sedikit berlega hati dengan kian banyaknya mereka yang sembuh dari Covid-19.

 

Saat ini, berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Garut, jumlah pasien dinyatakan sembuh dari Covid-19 di Kabupaten Garut mencapai sebanyak 507 orang.

 

Hal itu menyusul adanya sebanyak 99 pasien terpapar Covid-19 sebelumnya diisolasi dalam perawatan di rumah sakit dinyatakan sembuh, dan diperbolehkan meninggalkan rumah sakit, Senin (2/22/2020).

 

Tingkat kesembuhan sebanyak 99 orang dalam satu hari tersebut merupakan yang tertinggi dalam perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Garut selama ini. Sebelumnya, tingkat kesembuhan tertinggi kasus Covid-19 dalam satu hari di Garut mencapai sebanyak 45 orang.

 

Dari 99 orang dinyatakan sembuh itu, terbanyak asal Kecamatan Pangatikan mencapai 82 orang. Sebanyak 80 orang di antaranya merupakan santri berusia antara 13 hingga 17 tahun di Pondok Pesantren Cipari Desa Sukarasa. 

 

Pasien lainnya dinyatakan sembuh berasal dari Kecamatan Cikelet (1 orang), Tarogong Kidul (1 orang), Pasirwangi (5 orang), Cilawu (1 orang), Balubur Limbangan (4 orang), Kersanamah (2 orang), Leles (1 orang), Kadungora 1 (orang), Samarang (1 orang) dan Kecamatan Cigedug (1 orang).

 

Sebanyak 96 dari 99 orang itu dinyatakan sembuh setelah menjalani isolasi perawatan di rumah sakit dalam rentang waktu sama selama 18 hari, sejak mereka dikonfirmasi positif terpapar Covid-19 dalam waktu sama pada 16 Oktober 2020. Dikonfirmasi positif masuk perawatan bareng-bareng. Pulang dinyatakan sembuh pun bareng-bareng. 

 

Akan tetapi meskipun jumlah mereka yang sembuh dari Covid-19 bertambah banyak, wabah Covid-19 tampaknya belum akan segera berakhir. Pasalnya, angka positif Covid-19 di Kabupaten Garut masih terus bertambah dengan volume kasus harian berfluktuatif. Sehingga kewaspadaan akan potensi ancaman penularan Covid-19 tetap harus ditingkatkan dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari seperti dihimbau Pemerintah. Terutama membiasakan memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak. 

 

Bersamaan adanya 99 orang dinyatakan sembuh dari Covid-19, terdapat penambahan positif Covid-19 sebanyak delapan kasus, meningkat dibandingkan penambahan kasus positif sehari sebelumnya yang mencapai dua kasus. Sehingga kini, total jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Garut menjadi sebanyak 730 kasus.

 

Dari delapan kasus baru positif Covid-19 itu, sebanyak dua orang asal Kecamatan Garut Kota, yakni Laki-laki (KC-724) usia 64 tahun dan laki-laki (KC-726) usia 3 tahun; satu orang asal Kecamatan Pakenjeng yaitu perempuan (KC-723) usia 18 tahun; dan satu orang dari Kecamatan Karangpawitan, yakni perempuan (KC-728) usia 50 tahun.

 

Lalu, satu orang asal Kecamatan Cilawu, yaitu laki-laki (KC-729) usia 16 tahun; satu orang dari Kecamatan Sukaresmi, yaitu perempuan (KC-730) usia 17 tahun; satu orang dari Kecamatan Tarogong Kidul, yaitu perempuan (KC-725) usia 27 tahun; dan satu orang asal Kecamatan Balubur Limbangan, yaitu laki-laki (KC-727) usia 45 tahun.

 

Menurut Koordinator Humas GTPP Covid-19 Garut Muksin, hingga Senin pukul 22.30 WIB, masih terdapat sebanyak 208 pasien positif Covid-19 diisolasi perawatan di rumah sakit. 

Muksin pun tetap berharap masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dalam kegiatan kesehariannya, baik ketika berada di lingkungan rumah, apalagi ke luar rumah, termasuk di tempat kerja.(zainulmukhtar)