Sehatkah Keripik Pisang ?

Sehatkah Keripik Pisang ?
istimewa

INILAH, Jakarta - Buah pisang sendiri diketahui sangat bergizi, Anda mungkin bertanya-tanya apakah hal yang sama bisa dikatakan tentang keripik pisang ?

Keripik pisang diproses, biasanya digoreng dengan minyak dan dimasak dengan bahan-bahan seperti madu atau sirup yang menyumbangkan kalori, gula, dan lemak.

Manfaat keripik pisang

Keripik pisang terkadang bisa menjadi camilan yang nyaman.

Karena keripik pisang ringan, mudah dikemas, dan merupakan sumber kalori dan karbohidrat sederhana yang cepat, keripik pisang adalah pilihan yang sangat baik saat Anda dalam perjalanan, hiking, atau mengisi bahan bakar setelah berolahraga berat.

Terlebih lagi, karena dehidrasi, umur simpannya lebih lama dibandingkan pisang segar. Anda juga tidak perlu khawatir tentang memar atau kerusakan, yang menguntungkan untuk perjalanan luar ruangan.


Kelemahan keripik pisang

Dikutip dari Healthline.com, keripik pisang memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan.

Tinggi lemak

Keripik pisang biasanya digoreng dengan minyak agar teksturnya renyah. Produsen cenderung menggunakan minyak kelapa atau bunga matahari tetapi dapat menggunakan minyak goreng apa pun.

Satu cangkir (72 gram) keripik pisang mengandung 24 gram lemak, 21 di antaranya sudah jenuh. Diet tinggi lemak jenuh dari makanan olahan dikaitkan dengan risiko penyakit kronis yang lebih tinggi seperti penyakit jantung (1Trusted Source, 2Trusted Source, 3Trusted Source, 4Trusted Source).

Selain itu, keripik pisang yang tinggi lemak menambah banyak kalori ekstra. Misalnya, porsi keripik pisang yang sama mengandung lebih dari 250% kalori lebih banyak daripada pisang ukuran sedang (1Trusted Source, 5Trusted Source).

Tinggi gula

Beberapa keripik pisang dilapisi dengan sirup atau madu, yang secara signifikan menambah kandungan gulanya.

Satu cangkir (72 gram) keripik pisang mengandung 25 gram gula, yang termasuk 10,5 gram gula tambahan, dibandingkan dengan 14,5 gram gula alami dalam pisang ukuran sedang (118 gram). (inilah.com)