Lelah di Sore Hari, Coba Mulai Perhatikan ini

Lelah di Sore Hari, Coba Mulai Perhatikan ini
istimewa

INILAH, Jakarta - Kamu sering kali mengalami kelelahan ketika hari mulai sore. Sejatinya itu adalah kondisi yang wajar, karena manusia tidak mungkin terus menerus mengantongi energi maksimal sepanjang hari.


Dilansir dari The List, sekitar pukul 14.30 biasanya orang-orang mulai merasa membutuhkan tidur siang. Terutama untuk orang-orang yang sudah berangkat bekerja pagi-pagi.

Beberapa orang memang sudah terbiasa dengan kebiasaan untuk tidur siang. Tidak sedikit di antaranya membutuhkan jam tidur siang setelah makan untuk mengembalikan produktivitas dan konsentrasi kepada pekerjaan.

Proses ini bisa terjadi dalam tubuh saat suhu kita mulai menurun. Ketika adanya penurunan suhu, berarti terjadi pelepasan hormon melatonin.

Laman Webmd mengatakan hormon ini membantu tubuh kita untuk mengetahui kapan saatnya kita tidur dan juga bangun. Biasanya tubuh kita menghasilkan banyak melatonin saat matahari mulai terbenam.

Habisnya energi di sore hari ini juga bisa berasal dari gaya hidup kita sehari-harinya. Kita tidak memerhatikan kesehatan tubuh seperti melewatkan sarapan di pagi hari yang berperan penting buat menjaga energi kita seharian.


Tidak hanya itu, kalau kita minum kopi lebih awal juga bisa menyerap sumber energi lebih cepat dan nantinya kita akan kehilangan energi. Gula dan kafein hanya bekerja selama energi kita masih ada.

jadi, penting untuk memastikan otak dan tubuh kita mendapatkan karbohidrat yang cukup di pagi hari. Selain itu, untuk makan siang hindari mengonsumsi makanan yang tinggi lemak karena akan menguras energi lebih lama untuk mencernanya.


Tidak hanya makan yang harus diperhatikan, tetapi jam tidur kita juga harus konsisten. Kita harus menyiapkan bahan bakar biar tidak lelah di sore harinya.

Meski pun ada banyak tuntutan pekerjaan, kamu perlu ingat kalau kesehatan tubuh juga membutuhkan jeda untuk mengumpulkan energi kembali. Sehingga penting untuk memprioritaskan waktu istirahat dan juga merawat kesehatan tubuh kita. (inilah.com)