Teh Nia Janjikan Kemajuan Para Seniman dan Budayawan Jelekong

Teh Nia Janjikan Kemajuan Para Seniman dan Budayawan Jelekong
Foto: Dani R Nugraha

INILAH, Bandung - Calon Bupati Bandung Kurnia Agustina menyoroti tata kelola pemerintah yang berlangsung saat ini. Dia menilai, saat ini pemerintah belum bekerja maksimal dalam memberikan pembinaan dan pelayanan terutama kepada para seniman dan budayawan.

"Saya datang ke tempat ini bukan baru sekali, tapi sudah berkali-kali. Dari mulai masuk, kita bisa melihat galeri lukisan, kalau bapak dan ibu tahu, kita selalu menggaungkan bahwa di Kabupaten Bandung tepatnya di Kelurahan Jelekong, Kecamatan Baleendah ada kampung lukis dimana sang maestro bermukim," kata perempuan yang akrab disapa Teh Nia di sela kampanye di Kampung Jelekong, Baleendah, Senin (2/11/2020).

Dia menuturkan, Kampung Lukis itu merupakan potensi yang kudu serius digarap. Agar bisa lebih maju, keberadaannya harus terintegrasi dengan pihak-pihak yang kompeten di industri pariwisata.

"Kalau di Jelekong saya lihat belum terintegrasi. Nah, di sinilah harus ada peran tata kelola pemerintah yang baik," katanya.

Dalam hal kultural, Teh Nia setuju jika hakikat keterlibatan pembinaan seniman dan budayawan dalam ikut mewarnai, memberikan edukasi, memberikan informasi yang mendidik dibarengi juga dengan pembinaan kajian dari lembaga akademisi. 

Ke depan berbagai unsur di Kampung Jelekong ini bisa diciptakan menjadi satu tematik yang berkesinambungan dan terintegrasi. 

"Nantinya ada galeri lukis, pewayangan, lokasi penguraian limbah yang bernilai ekonomis juga ada. Kenapa tidak, ini dibuat satu nafas untuk lebih membangun dan mengangkat Kelurahan Jelekong agar lebih bersinar," ujarnya. (Dani R Nugraha)