XL Axiata Sebar 1,1 Juta Paket Internet Gratis PJJ di Jabar

XL Axiata Sebar 1,1 Juta Paket Internet Gratis PJJ di Jabar
istimewa

INILAH, Bandung - Manfaat dari program bantuan paket internet gratis dari pemerintah dan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) untuk mendukung pembelajaran jarak jauh (PJJ) telah dirasakan para pelajar di Jabar. Selain manfaat, ada juga masukan dari para pelajar agar manfaat bantuan internet gratis untuk PJJ bisa lebih maksimal, yaitu jaminan atas kualitas jaringan. 

Untuk itu, XL Axiata berkomitmen untuk terus memastikan kualitas jaringan di semua area layanan. Jika ada keluhan terkait kualitas layanan, masyarakat bisa segera menghubungi layanan pelanggan. Keluhan juga bisa disampaikan melalui pihak sekolah.

“Guna mendukung program PJJ yang dilaksanakan oleh pemerintah, XL Axiata telah menyalurkan total lebih dari 1,1 juta paket internet gratis bagi pelajar di sebagian besar daerah di Jawa Barat. Penyaluran telah dilaksanakan sejak awal September lalu,” kata Group Head Central Region XL Axiata Rd Sofia Purbayanti, Selasa (3/11/2020).

Dia mengakui, bantuan tersebut juga mendapatkan sambutan yang sangat positif dari para pengajar karena jelas mampu menjadi solusi kegiatan belajar mengajar selama pandemi Covid-19. Sejumlah masukan juga mereka sampaikan agar manfaat bantuan yang diberikan bisa lebih maksimal. 

Sofia menambahkan, para penerima bantuan paket internet gratis dari XL Axiata namun belum sempat mengaktifkan kartunya agar segera diaktifkan dan dimanfaatkan. Dengan demikian, bantuan tersebut bisa segera dipakai untuk mengikuti PJJ atau kegiatan belajar dan mengajar lainnya. Pihaknya menjamin paket tersebut benar-benar gratis dan diberikan untuk membantu para pelajar.

Sementara itu, Ketua OSIS SMA Negeri 1 Kota Bandung Rakesha Putra menyebutkan bantuan paket internet gratis dan kuota data sejak pertengahan Oktober 2020 lalu. Sejak saat itu, dia tidak lagi perlu membeli sendiri kuota data untuk mengikuti PJJ. Dengan demikian, dia tidak perlu meminta uang kepada orang tuanya untuk membeli kuota. 

“PJJ lima hari seminggu. Sekolah saya biasa pakai Ms Teams dan eModel. Satu minggu itu saya biasa habis 8GB, kalau satu bulan habis sampai 21GB, kadang lebih. Kalau beli sendiri, 21 GB itu saya habis sekitar Rp60 ribu. Bantuan dari pemerintah dan operator ini bikin saya lebih hemat biaya untuk membeli kuota,” lanjut Rakesha. 

Senada dengan itu, pelajar SMP Negeri 5 Kota Cimahi Fatharani Salma Jacinda mengaku senang mendapatkan bantuan kuota data gratis untuk PJJ. Dengan bantuan itu, uang yang biasa untuk membeli kuota data bisa dia pakai untuk membeli keperluan sekolah yang lain seperti alat tulis dan buku pelajaran. Menurutnya, bantuan ini juga cukup meringankan orang tuanya mengingat sejak pandemi Covid-19, kondisi ekonomi orang tuanya juga terdampak. (*)