Terapkan Prokes Ketat, Kebun Binatang Bandung Disambangi 8.800 Pengunjung

Terapkan Prokes Ketat, Kebun Binatang Bandung Disambangi 8.800 Pengunjung
istimewa

INILAH, Bandung - Pada libur panjang akhir Oktober lalu, Kebun Binatang Bandung kebanjiran pengunjung. Marcomm Kebun Binatang Bandung Sulhan Syafii mengatakan, pada masa libur lima hari itu total tercatat sebanyak 8.800 pengunjung.

Meski demikian, dia menyebutkan pihak pengelola tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. 

"Setiap pengunjung yang masuk harus menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, kemudian diukur suhu tubuh, dan antrean berjarak. Alhamdulillah, semua pengunjung bisa memahami dan menjalani prokes 3M itu," kata Sulhan, Selasa (3/11/2020).

Menurutnya, pada masa libur panjang itu pengelola tidak membuat acara khusus liburan. Kebun Binatang Bandung hanya menyuguhkan rutinitas seperti biasa semisal animal show pada pukul 10.30 WIB dan 14.30 WIB setiap harinya.

Namun, sejak dibuka kembali setelah tutup selama pandemi Covid-19 itu pihaknya masih menutup arena satwa tumbang, arena permainan, dan foodcourt.

Secara rinci, Sulhan mengakui jumlah pengunjung Kebun Binatang Bandung melonjak tajam pada libur panjang akhir Oktober lalu. Jumlah ini jauh meningkat ketimbang beberapa hari sebelumnya yang rata-rata hanya 300an per hari. 

Memasuki libur panjang ini. jata dia, jumlah pengunjung rata-rata di atas 1.200an per hari. 

"Target kami awalnya 6.000 orang dalam lima hari libur tersebut, artinya target hanya 1.200an per hari. Namun, ternyata pengunjung sangat antusias mendatangi kebun binatang," sebutnya. 

Dia menambahkan, puncak kunjungan itu terjadi pada Minggu (1/11/2020) dengan jumlah sebakyak 2.400 orang. Umumnya, mereka menikmati berjalan-jalan ke beberapa titik seperti kubah burung, gajah, jerapah, harimau dan satwa lainnya. 

Bahkan, beberapa pengunjung sengaja datang ke lokasi yang berada di Jalan Tamansari Kota Bandung itu hanya untuk menikmati rimbunnya pepohonan. (Doni Ramdhani)