Adu Kelas Midrange, Realme 7 vs Samsung Galaxy M51

Adu Kelas Midrange, Realme 7 vs Samsung Galaxy M51
istimewa

SEJUMLAH pabrikan smartphone mengambil langkah menarik di akhir tahun ini. Samsung misalnya, melanjutkan seri barunya, yaitu Galaxy M. Sementara itu, realme resmi melanjutkan 7series menjadi senjata andalannya masin-masing di kelas menengah.

Seiring dengan pengumuman tersebut, tiap-tiap pabrikan juga meluncurkan produk baru. Samsung merilis tiga ponsel seri M baru, salah satunya Galaxy M51, sedangkan realme langsung meluncurkan produk realme 7.

Kedua ponsel tersebut menawarkan spesifikasi dan fitur yang sangat menggoda. Namun, manakah di antaranya yang menawarkan performa serta value lebih baik?


Desain

Desain menjadi poin perdana yang tidak bisa dilupakan jika melihat ponsel pertama kali. Baik realme 7 vs Samsung Galaxy M51, keduanya menggunakan material polikarbonat atau plastik. Jangan takut terkesan murah, kedua ponsel mampu mengatasinya dengan tampilan yang berkilau, memberikan kesan mewah.

 

 

 


Photo-Grid-1604394388613

Saat digenggam, keduanya memiliki bentuk yang sebanding. Terbilang pas untuk ukuran ponsel sekarang ini. Keduanya juga memiliki kontur belakang lengkung sehingga nyaman di tangan.

Dapat kami katakan realme 7 sedikit lebih unggul dalam masalah tampilan. Ini berkat finishing motif yang reflektif jika terkena pancaran cahaya seolah terbagi menjadi dua. Jika dilihat, bagian cover belakang terlihat efek gradasi dua warna sesuai dengan varian yang dipilih (Mist Blue, Mist White). Di satu sisi, Galaxy M51 masih memiliki finishing mengilap standar satu warna saja (Putih, Hitam).

Untuk daya tahan, realme 7 juga menjadi smartphone pertama yang lolos uji dari TV Rheinland, berisi 23 pengujian utama dan 72 pengujian kecil. Sebagai jaminan bila smartphone ini cukup kuat untuk penggunaan sehari-hari.


Layar

Perbedaan distingtif bisa langsung dilihat dari teknologi layarnya, realme 7 dibekali memiliki layar berukuran 6,5 inci IPS dengan resolusi FHD+ (2340 1080). Bezel di tepi layar sangat tipis hingga mencapai rasio layar sangat tinggi 90,6%.

Sementara itu pesaingnya, Samsung Galaxy M51 memiliki teknologi layar penuh Super-AMOLED Plus resolusi FHD+ dengan ukuran yang sedikit lebih luas yaitu 6,7 inci. Resolusinya FHD+ dengan konsep poni mungil di atas untuk menaruh kamera depan.

Photo-Grid-1604394437842

Meski begitu realme 7 memiliki kerapatan piksel 5.19% lebih tinggi jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy M51 yang hanya mempunyai kerapatan piksel sebesar 385 ppi.

Satu lagi yang menjadi kelebihan realme 7 memiliki kecepatan refresh layar Ultra Smooth 90Hz dalam rentang 6,5 inci. Sedangkan Samsung Galaxy M51 tidak memiliki layar 90Hz. kehadiran refresh rate tinggi sudah cukup untuk memanjakan mata ketika lagi buka social media timeline Twitter atau feed Instagram membuat animasi pergerakan scroll lebih halus.

Kamera

Soal kamera pasti menjadi sangat penting urusan perbandingan, kamera belakang dari Samsung Galaxy M51 tampak seimbang dengan realme 7. Samsung Galaxy M51 memiliki konfigurasi kamera utama 64 megapiksel dengan aperture f / 1.8, kamera sudut ultra lebar 12 megapiksel dengan bidang pandang 123 derajat, kamera makro 5 megapiksel, dan sensor kedalaman 5 megapiksel. Untuk kamera depan Samsung menyematkan resolusi 32MP.

Photo-Grid-1604394544765

 


sedangkan realme 7 membawa sensor kamera 64MP generasi kedua di smartphone ini, gunakan sensor Sony IMX682 f/1.8, yang dapat hasilkan foto 16MP berkualitas tinggi. Selain itu, terdapat kamera 8MP f/2.3 ultra wide-angle, 2MP B&W untuk efek potret dan 2MP macro. Di bagian depan, kameranya hanya satu, beresolusi 16MP f/2.0 dan juga dilengkapi mode Nightscape serta mode potret.

Kedua kamera memiliki keunggulan cukup mirip. Kedua ponsel ini dapat dengan cepat mengunci fokus, dan Pengoptimal AI pemandangan dapat dengan cepat mengenali apa yang diarahkan kamera. Performa kamera dalam cahaya rendah juga sudah lumayan dengan adanya fitur mode malam.

Untuk urusan kualitas kamera yang digunakan merekam video, realme 7 masih lebih baik dengan memberikan kualitas 4K hingga 120 fps dengna dengan bantuan teknologi gyro-EIS (Electronic Image Stabilizer), sedangkan Samsung Galaxy M51 masih di angka 30 fps.

 

Performa

Masuk dapur pacu atau chipset adalah bagian inti dari sebuah ponsel. Karena inilah pemrosesan segala aktivitas yang membuat perangkat berjalan dengan sebagaimana mestinya. realme 7 dipersenjatai dengan prosesor Mediatek Helio G95.

Photo-Grid-1604395155695

Sementara Samsung Galaxy M51 untuk dapur pacunya dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 730G. Secara kelas, kedua chipset tersebut berada di segmen yang sama.

Untuk kecepatan chipset yang ditunjukkan oleh kedua ponsel ini ada di angka 5.92% dengan perbandingan kecepatan SoC prosesornya 2 x 2.05GHz & 6 x 2GHz vs 2 x 2.2 & 6 x 1.8GHz. Dengan begitu, realme 7 masih lebih baik daripada Samsung Galaxy A51 untuk urusan performa.

Selanjutnya pada sektor memori, realme 7 lebi unggul menggunakan LPDDR4X + UFS2.1 dengan kapasitas RAM sebesar 8 GB, sedangkan pada Samsung M51 juga memiliki slot RAM sebesar 8 GB. Namun untuk kapasitas memori internal, keduanya memiliki ROM yang sama, yakni 128 GB perbedaanya hanyalah teknologi dari sisi penyimpanannya saja.

Baterai


Kedua ponsel sama-sama dibekali baterai yang besar, Samsung memiliki baterai 7.000mAH. Sedangkan realme 7 lebih kecil yaitu 5.000mAh. Mungkin perbedaan kapasitasnya signifikan, namun yang pasti keduanya mampu mentenagai ponsel seharian tanpa cas. Ataupun jika memang penggunaan yang sangat beratdan jarang terjadi, hanya diperlukan sekali cas tambahan saja.

Photo-Grid-1604395213894

Meski mengusung baterai besar samsung galaxy M51 Ini hanya mendukung pengisian daya 25W melalui port Type-C. Pengisian penuh membutuhkan waktu sekitar dua jam. Sedangkan realme di realme 7 dengan teknologi Dart Charge 30W baterai 5000mAh dapat diisi melalui port Type-C hingga 100% hanya dalam 65 menit.

Tentunya ini menjadi pertimbangan menarik di tengah new normal akan membantu pengguna dengan mobilitas tinggi para pekerja yang saat ini masih harus ke kantor tanpa perlu berpikir soal masa baterai smartphone.

Mengusung baterai besar serta memberikan dukungan pengisian daya cepat untuk memangkas waktu pengisian baterai dianggap menjadi sebuah inovasi yang efektif karena hal ini akan menjadi dua kombinasi yang baik dalam sebuah smartphone bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi.

Spesifikasi


spek12

 

Kesimpulan


Dari ulasan di atas, pasti anda sudah memiliki ketetapan akhir dari apa saja yang sudah ditawarkan pada realme 7 vs Samsung Galaxy M51. Secara umum, kedua perangkat ini menawarkan kemampuan yang seimbang. Keduanya memilih pendekatan berbeda, sehingga seharusnya makin mempermudah pengguna yang ingin memilih ponsel sesuai kebutuhan.

realme 7 menjadi perangkat dengan teknologi terbaru, unggulan berkualitas tinggi di industri, jauh melampaui level harganya. Jika ingin memiliki perangkat dengan kemampuan fotografi mumpuni, layar refresh tinggi,kecepatan pengisian daya yang ngebut, desain stylish bersertifikasi TV Rheinland, maka inilah pilihannya.

Samsung Galaxy M51 menjadi perangkat Samsung yang paling mahal di segmen di seri M untuk itu ia telah dibekali fitur yang menarik di kelas midrange. Bagi yang suka selfie dengan kapasitas baterai besar dan layar Super AMOLED, maka ponsel ini bisa jadi pilihan menarik.

Bagaimana dengan harga? Samsung Galaxy M51 dibanderol dengan harga Rp 5.499.000,- untuk kapasitas RAM 8GB. Sedangkan realme 7 dipasarkan dengan harga Rp 3.899.000 untuk kapasitas 8 + 128 GB.

Dengan spesifikasi yang hampir mirip, realme 7 dipasarkan dengan harga yang jauh lebih murah. Bisa dibilang, realme 7 adalah pilihan terbaik untuk ponsel midrange dari segi performa, kamera, hingag desain. Tentu ini bisa jadi pertimbangan penting juga bagi konsumen ketika memutuskan untuk membeli perangkat. (inilah.com)