Pemkab Cirebon Dorong UMKM Bangkit di Tengah Pandemi

Pemkab Cirebon Dorong UMKM Bangkit di Tengah Pandemi
Foto: Maman Suharman

INILAH, Cirebon - Pemkab Cirebon terus melalukan dukungan kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk bangkit dalam masa pandemi covid 19 ini.

Bupati Cirebon Imron, mengatakan, pandemi covid 19 cukup berdampak dalam berbagai hal, terutama sosial ekonomi. Oleh karena itu, pihaknya terus mendorong  memulihkan kembali perekonomian di Kabupaten Cirebon.

"Salah satunya, mendorong UMKM untuk bangkit," kata Imron, saat melakukan kunjungan kerja di  Kecamatan Suranenggala, Rabu (4/11/2020).

Imron menjelaskan, ditengah pandemi saat ini, UMKM jangan sampai terpuruk, namun harus bangkit. Agar bisa bangkit, diperlukan inovasi UMKM untuk produk yang dihasilkan. Pemkab akunya, memiliki tanggungjawab untuk mendorong kebangkitan UMKM. Oleh karena itu, sejumlah langkah juga sudah dilakukan Pemkab Cirebon, untuk mendukung kebangkitan UMKM.

"Salah satunya yaitu menggelar pameran produk-produk UMKM. Ini bisa membuat inovasi UMKM yang dihasilkan," ungkapnya.

Langkah lainnya lanjut Imron, Pemkab Cirebon mengenalkan produk-produk UMKM kepada masyarakat. Hal itu dilakukan agar bisa membantu juga dalam bidang pemasaran. Dengan langkah tersebut, maka dengan sendirinya, UMKM akan bangkit dari keterpurukan.

"Kita akan terus bantu supaya UMKM maju dan berkembang. Kita bantu memperkenalkan produk, termasuk membantu dalam bidang pemasaran," jelas Imron.

Bupati menambahkan, Walaupun pemerintah daerah sangat siap untuk mendukung kebangkitan UMKM, namun unsur lainnya juga ikut terlibat dalam gerakan ini. Untuk itu, instansi lainnya di level kecamatan dan desa, harus bisa membantu Pemkab, dalam mendorong bangkitnya kembali UMKM.

"Kita perlu kerjasama antara tim. Baik pelaku usaha, kecamatan dan desa, harus peduli dan ikut berusaha bersama, untuk bisa bangkit dalam masa pandemi ini," tukasnya. (maman suharman)