Himapa USB YPKP Wadahi Mahasiswa Pecinta Alam

Himapa USB YPKP Wadahi Mahasiswa Pecinta Alam
istimewa

INILAH, Bandung - Himapa USB YPKP Bandung lahir untuk mewadahi para mahasiswanya yang memiliki hobi di bidang kepecintaalaman. Berbagai kegiatan pun kerap mereka lakukan. Seperti apa?

Ya, keberadaan unit kegiatan mahasiswa (UKM) di lingkungan kampus tentu menjadi instrumen penting dalam membina karir seseorang dan jembatan bagi mereka untuk belajar dengan pola yang berbeda dan menyenangkan. Maka tak heran, UKM kerap kali menjadi pilihan bagi sejumlah mahasiswa untuk belajar serta mengembangkan bakat dan minatnya.

Salah satu UKM yang banyak dipilih mahasiswanya adalah Himpunan Mahasiswa Pencinta Alam (Himapa) USB YPKP Bandung. UKM ini memiliki 40 orang anggota yang aktif.

"Himapa ini wadah untuk mahasiswa USB YPKP yang memiliki jiwa pencinta alam. Itu tujuan utamanya," ujar Ketua Himapa USB YPKP Yaomal Mahmudan, Rabu (4/112020).

Dia memaparkan sebagai UKM yang fokus pada bidang kepecintaalaman, Himapa USB YPKP Bandung kerap melakukan berbagai macam kegiatan yang sangat menarik. Mulai dari panjat tebing, arung jeram, susur goa, susur pantai, pelestarian alam. Kegiatan ini sudah dilakukan hampir di seluruh Indonesia, kecuali pulau Kalimantan dan Maluku. 

"Pendakian Gunung kami telah menyelesaikan lima gunung tertinggi di Indonesia yaitu, Kerinci, Semeru, Latimojong, Rinjani dan Carstensz. Arung jeram dilakukan di pulau jawa, Sumatera Selatan, Lampung dan Bali. Susur goa baru sekitar Jawa Barat dan Yogyakarta," paparnya.

Tak hanya itu, mereka pun kerap kali melakukan kegiatan yang berbau sosial. Sejumlah mahasiswa ini pernah berkunjung ke kampung Cimulu, Kabupaten Garut. Di sana mereka mengajarkan pendidikan untuk anak setingkat SD, memberikan makanan, sembako serta alat tulis.

"Jika kita pergi ke suatu tempat pasti melewati masyarakat. Jadi sudah satu kesatuan ketika berkegiatan di alam wajib melakukan kegiatan sosial ke masyarakat sekitar," imbuh Yaomal.

Keberadaan Himapa dilingkungan kampusnya ini kata Yaomal, menjadi daya tarik sendiri bagi sejumlah mahasiswanya. Ini terlihat dari jumlah anggota yang setiap tahunnya selalu menadapat respon yang cukup baik dari mahasiswa.

UKM yang didirikan pada 1980 ini, pernah mendapatkan prestasi yang cukup gemilang. Mereka pernah melakukan pendakian di gunung Latimojong Sulawesi dan carstensz piramid di Papua.

"Kenapa disebut prestasi karena jarang suatu organisasi pencinta alam untuk menginjakan kaki di Carstensz" ujarnya.

Dia berharap, Himapa USB YPKP Bandung ke depannya bisa lebih maju dan lebih berprestasi dan mengahasilkan anggota yang berkualitas untuk kampus dan negara.

"Pokoknya kalau ikut UKM ini manfaatnya cukup besar. Di sini kita bisa mengetahui organisasi, leadership, manajemen, dan yang pasti mengetahui keindahaan alam Indonesia," tambahnya. (Okky Adiana)