Kasus Covid-19 di Kota Bandung Masih Terkendali

Kasus Covid-19 di Kota Bandung Masih Terkendali
Sekda Kota Bandung Ema Sumarna. (Istimewa)

INILAH, Bandung - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna buka suara terkait kondisi penanganan Covid-19 di Kota Bandung. Naiknya angka akumulasi dari pasien positif Covid-19 merupakan hal wajar.

Dia mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus melakukan berbagai upaya untuk mengendalikan wabah saat ini. Angka akumulatif yang ada, adalah hasil dari pengumpulan data pemerintah kota secara masif.

"Pengumpulan data ini kan prosesnya tracking, tracing dan testing. Kita terus upayakan hal itu, karena kita sudah berkomitmen," kata Ema di Pendopo, Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung pada Rabu (4/11/2020).

Menurutnya, angka kenaikan kasus positif Covid-19 di Kota Bandung saat ini merupakan hal wajar. Kondisi tersebut dituturkannya hasil dari upaya-upaya yang dilakukan pemerintah kota dalam kurun belakangan ini.

"Kalau kita diam, maka angkanya tetap, bahkan cenderung menurun. Tetapi kan tidak diam, terus melakukan berbagai upaya. Jadi kalau surveilance (pengumpulan data) dilakukan, maka menjadi konseksensi dan itu menjadi keniscayaan," ucapnya.

Bahkan dia menyatakan pemerintah kota telah mampu menjaga stabilitas angka reproduksi Covid-19. Menurutnya, penanganan pandemi Covid-19 di Kota Bandung dalam status aman terkendali.

"Kita bersyukur dan alhamdulillah karena secara keseluruhan masih terkendali. Salah satu ukurannya adalah angka reproduksi dalam kurun waktu satu bulan ke belakang ini masih di bawah satu. Ini yang mesti kita syukuri," ujar dia. (Yogo Triastopo)