SMKN 1 Sumedang Raih Emas Sebagai Penyaji Terbaik Bidang Musik Tradisi Daerah 

SMKN 1 Sumedang Raih Emas Sebagai Penyaji Terbaik Bidang Musik Tradisi Daerah 
Kepala Program Seni Karawitan, Adi Kurniawan. (Istimewa)

INILAH, Bandung - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Sumedang, meraih medali emas sebagai Penyaji Terbaik Bidang Musik Tradisi Daerah "Festival Lomba dan Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMK Tingkat Nasional Tahun 2020".

Kepala Program Seni Karawitan, Adi Kurniawan merasa bangga telah meraih medali emas. Prestasi tersebut diraih dengan usaha yang kuat, sekaligus dorongan optimal yang diberikan oleh sekolah. Persiapan dan proses yang baik dalam menghadapi kegiatan FLS2N tahun 2020, tim ini dipersiapkan jauh hari sebelum pandemi berlangsung dengan seleksi yang cukup ketat dilakukan olem tim pembimbing.

"Pengalaman FLS2N tahun 2019 kami mendapatkan medali perunggu sebagai peraih naskah karya terbaik d tingkat Nasional," ujar Adi, melalui sambungan telpon, Rabu (4/11/2020).

Adi mengungkapkan latihan dilakukan dengan disiplin yang baik, karena sekarang pandemi, latihan pada mulanya dilakukan secara individu dari rumah masing-masing dengan mengirimkan audio atau video dari tim pembimbing kemudian peserta didik mempelajari. Adapun latihan gabungan dilakukan di sekolah untuk memperkuat dan memantapkan karya karena tentu saja latihan gabungan sangat diperlukan untuk kekompakan dan tidak lupa memperhatikan protokoler covid-19.

"Kami bersyukur atas raihan prestasi yang dicapai oleh Jurusan Seni Karawitan meraih medali emas sebagai penyaji terbaik pada kegiatan FLS2N tingkat Nasional tahun 2020. Rasa bangga, haru dan sekaligus mendapatkan pengalaman yang berharga, sekaligus mengukir sejarah bagi Jurusan Seni Karawitan mendapatkan penghargaan di tingkat Nasional," papar Adi.

Meski begitu, kendala yang dihadapi peserta didik adalah pihaknya tidak bisa berlatih bertatap muka secara langsung dengan guru. Hanya berkomunikasi melalui media sosial. Selain itu, ketika memproduksi materi karya garapan juga cukup terkendala dengan berbagai kekurangan, akan tetapi dukungan berbagai pihak terutama sekolah sangat mendukung.

"Meskipun di masa pandemi ini kami tetap mencoba berkreasi berlatih dengan baik dan tidak menyurutkan tekad kami untuk berprestasi dimasa pandemi. Perencanaan dan persiapan dilakukan dengan baik," imbuh Adi.

Adi berharap, atas raihan prestasi tersebut dapat diapresiasi oleh masyarakat luas dan pemerintah daerah.

"Suatu saat mudah-mudahan Jurusan Seni Karawitan SMKN 1 Sumedang bisa go Internasional," tambahnya. (Okky Adiana)