Pantau Pendisiplinan Protokol Kesehatan, Bupati Cirebon Blusukan ke Desa-desa

Pantau Pendisiplinan Protokol Kesehatan, Bupati Cirebon Blusukan ke Desa-desa
Bupati Cirebon Imron turun langsung ke desa-desa. (maman suharman)

INILAH, Cirebon - Bupati Cirebon Imron turun langsung ke Desa Krandon, Kecamatan Talun, dan Desa Kondangsari, Kecamatan Beber. Hal itu dilakukan, saat memantau kegiatan Pendisiplinan Protokol Kesehatan yang dilakukan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Cirebon, Kamis (5/11/2020). Hadir dalam kegiatan tersebut unsur Forkopimda dan beberapa kepala OPD.

Dalam kegiatan tersebut, puluhan warga yang melintasi baik baik yang jalan kaki atau naik kendaraan roda dua dan empat, diarahkan ke lokasi pemeriksaan. Dan, itu berlaku bagi mereka yang tidak menggunakan masker. Kemudian, petugas melakukan pendataan dan memberikan penyuluhan pentingnya menggunakan masker saat pandemi.

"Corona masih ada, Mas. Jadi tolong selalu pakai masker kalau keluar rumah. Kalau sudah ada masker, jangan dimasukkan ke saku celana. Ini penting, supaya kita terhindar dari corona," kata salah satu petugas ketika melakukan imbauan kepada masyarakat yang melanggar.

Sementara itu, Bupati Imron yang terjun langsung memberikan sosialisasi, terlihat beberapa kali membagikan masker. Imron juga memberikan arahan kepada warga yang terjaring razia, agar senantiasa menggunakan masker. Hal itu untuk mencegah dan memutuskan penularan covid-19.

"Saya kasih masker ya, tapi tolong kalau keluar rumah maskernya dipakai. Ini untuk kesehatan kita-kita juga," pinta Imron.

Imron menilai, penegakan disiplin tim gugus tugas, berjalan dengan baik. Semua protokol kesehatan diterapkan. Namun beberapa warga yang terjaring razia, bisa saja lupa. Masalahnya, banyak warga yang memang membawa masker, namun tidak dipakai.

"Penanganan protokol kesehatan oleh tim gugus tugas, sudah berjalan dengan baik. Tim yang diturunkan juga lengkap. Warga juga patuh dan diberikan masker bagi mereka yang tidak membawa. Mudah-mudahan, kita bisa menekan penyebaran Covid-19," ungkap Imron.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon, Alex Suheryawan menyebutkan, Tim Satgas Penanganan Covid-19, sudah menurunkan tim yang dimotori oleh masing-masing kecamatan.

Tim tersebut terus menggelar razia di setiap desa untuk meminimalisir penularan Covid-19. Alex berharap, dengan intensnya razia masker dan penerapan protokol kesehatan, bisa menurunkan penularan Covid-19.

"Kita akan lakukan di seluruh kecamatan dan desa yang ada di Kabupaten Cirebon. Mudah-mudahan penyebarannya bisa kita tekan seminimal mungkin," pungkas Alex. (maman suharman)