Survei Ipsos: Insentif Jadikan RI Optimistis Hadapi Pandemi

Survei Ipsos: Insentif Jadikan RI Optimistis Hadapi Pandemi
Ilustrasi/Antara Foto

INILAH, Jakarta- Perusahaan market research Ipsos Indonesia menyampaikan berbagai insentif yang diberikan pemerintah kepada dunia bisnis maupun masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung menjadikan RI sebagai negara yang optimistis dalam menghadapi pandemi COVID-19.

“Apa yang sudah pemerintah lakukan dalam bentuk insentif, asistensi, baik untuk masyarakat dan bisnis, itu berdampak positif,” kata Managing Director Ipsos Indonesia Soeprapto Tan dalam Dialog Produktif bertajuk Kepercayaan Ekonomi saat Pandemi yang ditayangkan virtual, Kamis (5/11).

Soeprapto memaparkan bantuan pemerintah berupa kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berupa pemberian dana sebesar Rp2,4 juta juga memberikan dampak optimis terhadap masyarakat.

Selain itu optimisme masyarakat juga timbul dari informasi terkait vaksin yang segera akan ditemukan dan dapat didistribusikan kepada masyarakat, sehingga terdapat harapan bahwa penyebaran COVID-19 akan segera tertangani dari sisi kesehatan.

Soeprapto menyampaikan dalam survei yang melibatkan 500 responden di lima negara itu menunjukkan bahwa negara di ASEAN masuk dalam tingkatan keempat dalam menghadapi pandemi COVID-19, yang artinya masyarakat di negara tersebut sudah mulai beradaptasi dengan kenormalan baru.

Sementara Selandia Baru dan China telah memasuki tingkatan keenam yakni negara yang telah mampu melewati pandemi COVID-19.