Atlet Tinju Jabar Incar Lawan Uji Coba

Atlet Tinju Jabar Incar Lawan Uji Coba
Foto: Muhammad Ginanjar

INILAH, Bandung - Proses pelatihan cabang olahraga tinju Jawa Barat dipastikan tetap berjalan meski pandemi Covid-19 masih masif. Kepastian itu diutarakan pelatih tinju Jabar, Alberto Alfons.

Menurutnya tidak ada alasan untuk menghentikan proses latihan. Tujuan utamanya agar performa para atletnya, baik putra maupun putri terus alami peningkatan sehingga bisa tampil maksimal di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua 2021 mendatang. 

"Persiapan kita sudah di Januari. Sempat berlatih di Bogor, tapi saat ini di Bandung. Sentralisasi di Bandung," kata Alberto di Ruang Kominfo KONI Jabar, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Kamis (5/11/2020). 

Namun demikian, Alberto mengaku pelatihan yang dilakukan memiliki sedikit kendala. Para atletnya kesulitan untuk mencari lawan tanding untuk menguji kekuatan. 

"Sparing patner yang susah. Karena pandemi gini tak bisa keluar daerah untuk sparing. Akhirnya teman sama teman menjadi lawan walaupun beda kelas," tuturnya. 

Alberto berharap persiapan yang dilakukan ini bisa berjalan dengan maksimal. Terlebih ke-13 atlet tinju Jabar yang lolos ke PON XX di targetkan untuk meraih enam medali emas. 

"Soal persaingan hampir merata di tinju. Paling tuan rumah Papua sama NTT. Tapi kalau yang saya lihat, anak-anak kita lebih unggul meski sebagian besar baru terjun ke PON. Karena saat kualifikasi, hampir semua masuk final," katanya. 

Sementara itu, salah satu atlet tinju putri Jabar, Ajeng Syifa Silvia yang turun di kelas 45 kilogram mengatakan bahwa masa persiapan yang dilakukan selama ini berjalan dengan baik. 

"Persiapan selama disini sangat bagus, dari mulai fasilitas. Kendalanya memang sparing patner," tambah Ajeng.(Muhammad Ginanjar)