Pencuri Sepeda Habiskan Hasil Curiannya Hanya Buat Main Game

Pencuri Sepeda Habiskan Hasil Curiannya Hanya Buat Main Game
Foto: Ridwan Abdul Malik

INILAH, Bandung - Anggota Reskrim Polsek Lengkong berhasil menangkap pelaku pencurian sepeda di Komplek Asrama TNI AD Kota Bandung. Pelaku nekat mencuri hanya untuk membeli item dalam sebuah game.

Kapolsek Lengkong Kompol Kusna Djefridja menjelaskan, pengungkapan kasus pencurian sepeda tersebut berhasil terungkap berkat kerja sama pihak kepolisian dan TNI AD. Pelaku berinsial BA berhasil diamankan di kawasan Cikawao, Kota Bandung.

Saat diamankan, pelaku sedang asyik bermain game di sebuah warnet. Namun, barang bukti sepeda sudah dijual pelaku melalui media sosial.

"Kami bersama dengan TNI AD setelah adanya laporan polisi dan berdasarkan dari CCTV. Kami melakukan penyelidikan bersama. Dan alhamdulilah pelaku yang ini berhasil ditangkap di Cikawao. Kita minta keterangan, ternyata sepedah sudah dijual seharga Rp1 juta melalui Facebook," ucap Kusna di Mapolsek Lengkong, Jalan Buah Batu, Kota Bandung, Jumat (6/10/2020).

Kemudian, polisi pun melakukan pengembangan dan berhasil menemukan pembeli sepeda berinsial CI yang ternyata merupakan penadah barang curian.

"Kita cek alamatnya, alhamdulilah berhasil ditemukan penadahnya di Jalan Kopo. Dia mengakui dan kami berhasil mengamankan pelaku dan penadah berikut barang bukti 1 buah sepeda," ungkap Kusna.

Saat disinggung modus pelaku BA. Kusna menjelaskan, pertama-tama pelaku melakukan pengintaian ke wilayah yang akan dijadikan target pencurian. Dua hari kemudian pelaku mendatangi kembali wilayah tersebut untuk melakukan pencurian.

"Pencurinya sendirian modusnya jalan kaki. Setelah melihat, pelaku gak langsung mengambilnya. Dia pelajari dulu, besok lusanya baru diambil," ujarnya.

Selain itu, berdasarkan keterangan pelaku. BA diketahui sering melakukan pencurian sepeda. Total 12 sepeda telah berhasil diambil dan dijual oleh pelaku.

"Dari pengakuan tersangka untuk wilayah lengkong sudah 6 kali melakukan dan wilayah lain Leuwipanjang Pasir Joja kurang lebih 6 kali juga jadi total tersangka sudah mencuri 12 sepeda," pungkasnya.

Sementara itu, pelaku BA mengaku hasil curiannya digunakan untuk membeli voucher yang digunakan dalam sebuah game. Nantinya, voucher tersebut dapat digunakan untuk membeli item premium dalam game tersebut.

Lebih lanjut, BA menyebutkan dia telah berhasil menjual banyak sepeda dengan kisaran harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

"Uangnya buat main game. Jualnya secara online paling murah Rp600 ribu paling tinggi saya pernah jual Rp1,1 juta," pungkasnya. (Ridwan Abdul Malik)