Komplikasi Akibat Diabetes Kurangi Kualitas Hidup

Komplikasi Akibat Diabetes Kurangi Kualitas Hidup
istimewa

INILAH, Jakarta - Salah satu hal yang dapat mempengaruhi kualitas hidup penderita diabetes adalah kondisi komplikasi diabetes. Mengapa?

dr. Dante Saksono, SpPD-KEMD, PhD, Kepala Divisi Metabolik-Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM mengatakan, karena komplikasi pada penderita diabetes dapat menyebabkan pendeknya rentang hidup, keterbatasan diri, serta meningkatnya beban ekonomi bagi pasien dan keluarganya sehingga sangat mempengaruhi terhadap penurunan kualitas hidup penderita bila tidak diatasi dengan baik.

"Sayangnya, berdasarkan sebuah penelitian terhadap 907 orang pasien diabetes di Indonesia (dari rumah sakit di daerah Jawa dan Sulawesi), 70 persen pasien dilaporkan menderita komplikasi diabetes," kata Dante Saksono, saat webinar dengan Tropicana Slim bersama media, Jakarta, Minggu, (08/11/2020).

Diabetes memang merupakan penyakit serius yang tidak dapat disembuhkan. Kabar baiknya, diabetes dapat dikendalikan agar tidak menyebabkan komplikasi.

"Inilah mengapa, penting agar anggota keluarga punya pemahaman yang tepat tentang diabetes dan cara mengontrol kadar gula darah, baik bagi diri mereka maupun anggota keluarga mereka yang menderita diabetes," papar Dante.

Kondisi kadar gula darah yang terkontrol bermanfaat bagi penderita diabetes agar dapat merasa lebih baik, misalnya membuat merasa lebih berenergi, serta lebih jarang mengalami kondisi infeksi.

Selain itu, kontrol gula darah juga penting untuk mencegah berbagai macam komplikasi diabetes yang berbahaya (seperti penyakit jantung, gangguan penglihatan, kerusakan sistem syaraf, dan penyakit ginjal).

"Cara mengontrol diabetes adalah melalui pola makan sehat, menjaga berat badan, aktif bergerak, mengonsumsi obat sesuai anjuran dokter, serta cek kadar gula darah secara rutin," jelas dr. Dante. (inilah.com)