7 Tips Sehat di Usia 40 Tahun

7 Tips Sehat di Usia 40 Tahun
istimewa

USIA 40 tahun merupakan usia yang cukup penting bagi setiap orang. Pasalnya di usia ini perubahan mulai tampak terlihat utamanya dari segi kesehatan.

Oleh karena itu, penting dalam menjaga kesehatan sejak dini sehingga pada usia 40 tahun tetep sehat dan bugar.

Ketika usia telah memasuki 40 tahun, bukan rahasia lagi bila mulai merasakan beberapa perubahan dalam tubuh, namun terkadang ada yang tidak merasakan hal tersebut.

Seperti diketahui bersama, tubuh laki-laki atau perempuan telah mulai terlihat rapuh, meski penampilan terkadang masih terlihat muda dan segar saat usia 40 tahun. Pasalnya, di usia ini biasanya seseorang rentan terkena penyakit karena fungsi organ manusia mulai melambat.

Tak heran, penyakit ringan atau berat pun mulai menghampiri di usia 40 tahun. Hal itu disebabkan karena ada beberapa perubahan dalam tubuh yang kadang-kadang tidak disadari seseorang.

Sebagai contoh, seorang wanita yang menginjak usia 40 tahun, biasanya sistem metabolisme tubuh mulai melambat.

Hal ini mengakibatkan beberapa orang mulai kewalahan dengan aktivitas rutin, seperti pekerjaan, mengurus anak, rumah tangga, bersosial, bahkan meluangkan waktu untuk berolahraga pun rasanya sudah sangat lelah.

Oleh karena itu untuk meningkatkan sistem imun tubuh, seseorang harus menjalani gaya hidup sehat dan cukup tidur. Gunakan waktu luang untuk berolahraga di luar ruangan sembari menghirup udara segar.

Berikut beberapa tips agar kita tetap sehat di usia 40 tahun, dikutip dari berbagai sumber.

1. Olahraga yang teratur

Dengan olahraga yang teratur, sistem kekebalan tubuh meningkat, sehingga tubuh tak mudah terserang bakteri atau radikal bebas. Olahraga juga terbukti menyehatkan saraf, tulang, aliran darah, serta membersihkan racun dalam tubuh.

2. Tidur yang cukup

Gaya hidup sehat di usia 40 tahun adalah dengan tidur yang cukup. Cara ini ampuh membuat kinerja organ tubuh normal, daya tahan tubuh terjaga dengan baik, dan terhindar dari serangan penyakit menular.

3. Minum air putih yang cukup

Minumlah air putih minimal delapan gelas per hari atau setara dengan 2 liter agar tubuh tidak dehidrasi, mencegah kelelahan, menjaga stamina tubuh agar tetap stabil sehingga akhirnya tubuh tidak mudah jatuh sakit.

4. Jalani pola makan sehat

Menjaga pola makan sehat adalah gaya hidup vital bagi Anda yang telah menginjak usia 40 tahun. Jika tubuh mendapat asupan makanan dengan gizi kurang sempurna, besar kemungkinan tubuh kita akan cepat terserang penyakit. Mengonsumsi makanan sehat juga membantu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

Hindari mengonsumsi makanan siap saji secara berlebihan karena makanan ini biasanya mengandung pengawet berlebih dan lemak jenuh. Kandungan ini bisa mengakibatkan kegemukan, kelainan fungsi otak, serta kelainan fungsi ginjal dan hati. Hindari pula makanan dan minuman terlalu manis karena berisiko menimbulkan diabetes.

Anda perlu juga menghindari konsumsi kafein berlebih karena bisa mengganggu pernafasan, penyumbatan aliran darah, dan mengganggu saraf-saraf di bagian kepala.

Setelah itu, coba jalani diet seimbang untuk mengikis penumpukan lemak dalam tubuh. Diet yang seimbang juga berguna mempertahankan kadar gula, garam, dan kolesterol dalam tubuh.

Sebagai pelengkap, Anda bisa mengonsumsi suplemen makanan sehat yang membantu memenuhi kebutuhan tubuh Anda akan nutrisi seimbang.

5. Hindari rokok dan alkohol

Rokok sepatutnya dihindari karena mengandung nikotin, tar, dan zat lain yang bersifat karsinogen atau zat pemicu kanker. Selain itu, zat karsinogen juga dapat merusak sistem pernafasan dan mengganggu pembuluh darah menuju otak.

Begitu pula halnya dengan minuman beralkohol yang sebaiknya dihindari karena dapat memicu tersumbatnya aliran darah serta pembuluh darah menuju jantung, hati, ginjal, dan otak. Alkohol juga mampu merusak pembuluh darah sehingga tubuh dapat kehilangan daya tahan tubuh dan keseimbangan hormon.

6. Membuat perencanaan keuangan

Setelah memastikan pola hidup cukup sehat, kini waktunya membuat perencanaan keuangan, agar Anda tak tambah pusing memikirkan biaya pengobatan saat jatuh sakit.

Pertama-tama, Anda bisa menyiapkan dana darurat yang dicairkan. Dana darurat ini dapat digunakan salah satunya untuk menutup biaya rumah sakit atau keperluan mendadak lainnya.

Idealnya, dana darurat yang perlu disiapkan adalah sebesar lima kali pengeluaran bulanan. Agar mudah dicairkan, taruhlah dana darurat di rekening tabungan.

Kedua, Anda juga bisa melengkapi diri dan keluarga dengan asuransi kesehatan. Tujuannya, agar ketika Anda dan keluarga jatuh sakit, maka tabungan Anda tidak ludes untuk menutup biaya rumah sakit.

7. Tetap berpikiran positif

Pola hidup sudah baik, keuangan pun terencana, jangan lupa untuk selalu berpikir positif. Dengan berpikir positif, maka Anda akan optimistis untuk mengerjakan segala sesuatu dan dapat menyebarkan aura positif kepada orang lain. Jika pikiran Anda dipenuhi oleh hal-hal yang positif, hidup pun lebih bahagia dan tubuh semakin sehat.

Menjalani hidup sehat dan kebiasaan baik di usia 40 tahun bukanlah hal yang sulit. Dengan tekad agar bisa menghabiskan waktu bersama orang tercinta lebih lama, pastilah Anda bisa menjalani hidup sehat dengan semangat. (inilah.com)