Pandemi Covid, 3 Ribu Anak Jadi Korban Kekerasan

Pandemi Covid, 3 Ribu Anak Jadi Korban Kekerasan

INILAH, Bogor – Pandemi wabah virus corona (Covid-19) berimplikasi kepada permasalahan di keluarga hingga anak berpotensi menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga.

Menurut data Divisi Pengaduan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Pusat, di masa pandemi Covid 19 atau dari Maret hingga Agustus sudah ada 3.000 pengaduan kekerasan kepada anak yang dilakukan oleh orang tua ataupun keluarganya.

“Data 3.000 pengaduan kekerasan terhadap anak se-Indonesia khususnya di masa pandemi Covid-19 ini bagai gunung es, dimana karena pelakunya keluarga  hingga jarang yang melaporkan kasus seperti ini ke pihak berwajib. Prediksi kami jumlah kasus kekerasan terhadap anak ini pasti lebih besar," kata Kepala Divisi Pengaduan KPAI Pusat Susianah Affandy usai ditemui wartawan pasca pelantikan Komisioner Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Kabupaten Bogor, Senin, (9/10).

Ia menambahkan agar KPAD Kabupaten  Bogor dan jajaran dinas atau instamsi terkait mengantisipasi potensi kekerasan terhadap anak-anak dengan melakukan sosialisasi hingga pengawasan.

"KPAD Kabupaten Bogor harus bisa mencegah pola kekerasan terhadap anak, karena di masa kegiatan belajar mengajar melalui sistem online ini banyak orang tua yang pengetahuan teknologi informasinya rendah dan tidak sabar hingga secara sadar ataupun tidak sadar melakukan tindak kekerasan," tambahnya. (reza zurifwan)