Baru 23 Tahun, Agung Mulyadi Kejar Sertifikat Pelatih, Ada Apa Sih?

Baru 23 Tahun, Agung Mulyadi Kejar Sertifikat Pelatih, Ada Apa Sih?

INILAH, Bandung - Keputusan mengejutkan dilakukan Agung Mulyadi. Gelandang Persib yang dipinjamkan ke Bandung United ini memutuskan untuk menjadi pelatih meski usianya baru menginjak 23 tahun.

Agung turut ambil bagian dari total 26 peserta yang mengikuti kursus kepelatihan untuk mendapatkan lisensi C di Bali sejak 1 hingga 15 November mendatang. Ini adalah hasil kerjasama antara PSSI dengan Kemenpora sesuai dengan Inpres No. 3 Tahun 2019 tentang percepatan pembangunan sepak bola nasional.

Agung mengakui ketertarikannya untuk bisa menjadi pelatih di usia muda. Terlebih pemain yang kental dengan nomor punggung 14 ini mendapatkan tawaran untuk mengikuti proses kursus kepelatihan. 

"Ini tawaran dari APPI yang kerjasama sama PSSI dan Kemenpora buat lisensi C gratis. Kata Agung, ini kesempatan buat nanti ke depan," ungkap Agung saat dihubungi. 

Agung lega lantaran mendapatkan izin dari klub untuk bisa menjalani kursus kepelatihan lisensi C ini. Apalagi Liga di Indonesia tengah dihentikan sementara waktu akibat pandemi Covid-19 yang masih masif. 

"Klub mendukung apa yang dilakukan Agung. Ada Aa Deden (M Natshir Fadhil Mahbuby) juga, jadi izin bareng. Dari manajemen juga mendukung kegiatan ini. Mereka berharap Agung bisa sukses setelah karier di sepak bola," tuturnya. 

Pemain jebolan Diklat Persib ini pun tak kaget dalam menjalankan kursus ini. Sebab ke-25 peserta ini tak nampak asing baginya. 

"Agung juga suka konsultasi sama Pak Yaya (pelatih fisik Persib) dan pelatih pelatih lain di Diklat. Mereka kasih motivasi, yang paling penting ikuti kursusnya dengan baik," katanya. 

Agung memastikan kursus yang diikutinya bisa memiliki manfaat yang besar baginya. Pertama bisa menjadi bekal jika sudah terjun di dunia kepelatihan, lalu bisa lebih tahu secara taknis apa yang diinginkan pelatih saat dipercaya untuk bermain.

"Kalau untuk jadi asisten pelatih di Bandung United belum sih, Agung setelah ini mungkin bermain dulu. Agung masih fokus untuk main dan aktif menjadi pemain. Tapi ilmu ini nanti Agung terapkan nanti. Seperti ikut latih di SSB. Apalagi di rumah Agung kan ada SSB. Ya transfer ilmu lah, praktek juga," pungkasnya.(Muhammad Ginanjar)