Di Tengah Outbreak, Rudy Pamer Tingkat Kesembuhan Covid-19 Garut 90 Persen

Di Tengah Outbreak, Rudy Pamer Tingkat Kesembuhan Covid-19 Garut 90 Persen

INILAH, Garut - Bupati Garut Rudy Gunawan mengklaim tingkat kesembuhan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Garut mencapai 90 persen lebih meskipun terjadi outbreak atau peningkatan luar biasa penambahan kasus baru positif Covid-19 belakangan ini.

Hal itu dikemukakan Rudy usai Apel Gabungan di Lapangan Apel Setda Garut Jalan Pembangunan, Senin (9/11/2020). Rudy juga terkesan tak terlalu ambil pusing dengan bertambahnya kasus kematian Covid-19 dalam sepekan terakhir. Menurutnya, kasus kematian positif Covid-19 di Garut masih tetap di bawah 2 persen.

“Yang meninggal tetap di bawah 2 persen, dan tentu kita tingkat kesembuhannya lebih dari tingkat 90 persen. Cuma, kita ini kalau sudah dikonfirmasi positif, kita ini punya kewajiban untuk mengisolasi. Apalagi hasil labnya sudah tertulis,” ujar Rudy yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Garut.

Berdasarkan data Sub Divisi Pencegahan GTPP Covid-19 Garut, terdapat penambahan kasus kematian positif Covid-19 sebanyak empat orang dalam tiga hari terakhir. Sehingga total pasien positif Covid-19 meninggal dunia di Garut hingga 8 November 2020 mencapai sebanyak 19 orang.

Bila ditambahkan dengan kasus kematian pasien berstatus suspek sebanyak 38 orang maka kasus kematian terkait Covid-19 di Garut lebih banyak lagi, mencapai 57 orang.

Kendati tingkat kesembuhan kasus Covid-19 di Garut mencapai 90 persen dengan tingkat kematian di bawah 2 persen, Rudy menyebutkan, pihaknya terus berupaya meningkatkan kinerja penanganan Covid-19 yang peningkatan terinfeksinya di Garut saat ini lebih besar. 

“Peningkatan terinfeksinya ini lebih besar. Tapi yang kita lakukan adalah sekarang ini kajian-kajian bagaimana kita meningkatkan protokol kesehatan dilakukan, mengurangi keramaian, dan yang terakhir mungkin kami menyiapkan tempat isolasi,” katanya. 

Berkaitan isolasi mandiri, Rudy menilai meskipun bagus namun hal itu hanya bisa dilakukan orang-orang tertentu (orang berada). Tetapi isolasi mandiri bagi mereka yang rumahnya kecil akan berdampak terhadap penularan Covid-19 kepada yang lainnya.

Total kasus positif Covid-19 di Kabupaten Garut sendiri hingga 8 November 2020 tercatat mencapai sebanyak 970 kasus. Sebanyak 614 orang di antaranya dinyatakan sembuh, 337 orang masih dalam isolasi perawatan di rumah sakit, dan sebanyak 19 orang lainnya meninggal dunia.(zainulmukhtar)