Ridwan Kamil Arahkan Ustaz Jadi Prioritas Tes Covid-19

Ridwan Kamil Arahkan Ustaz Jadi Prioritas Tes Covid-19
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Istimewa)

INILAH, Bandung- Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mendorong setiap guru maupun ustadz agar diprioritaskan menjalani tes Covid-19. Hal ini untuk menyikapi klaster penyebaran virus tersebut yang berada di Pesantren. 

Ridwan Kamil mengaku, sejauh ini pihaknya telah mengarahkan agar memprioritaskan tes pada guru dan ustadz di Pesantren. 

"Karena dari pengalaman beberapa Pesantren, ternyata banyak yang datang dari penggajar yang memang sering keluar masuk," ujar Ridwan Kamil, Senin (9/11/2020).

Dia menilai, untuk para santri sendiri relatif tidak banyak pergerakan lantaran bermukim di pesantren itu sendiri. Adapun mayoritas kasus penyebaran Covid 19 di Pesantren, datang dari mereka mereka yang keluar masuk ke Komplek Pesantren.

"Salah satunya adalah gurunya atau dari supplier atau mereka mereka pihak ketiga yang melakukan kegiatan di pesantren. Itu akan diteruskan untuk dijadikan prioritas dalam pengetesan," katanya.

Menurut Emil -sapaan Ridwan Kamil- penyebaran Covid-19 memang tidak pandang bulu. Di mana dapat terjadi berbagai tempat, termasuk di Pesantren bilamana tidak menjalankan protokol kesehatan. 

"Dia (Covid 19) akan menulari di mana-mana, mau di kampus, mau di sekolah, mau di pesantren selama protokol kesehatan tidak dilaksanakan maka potensi ada," katanya. 

Karena itu, yang selalu harus dilakukan di Pesantren adalah selalu ingatkan proses belajar mengajar di Pesantren. Ini untuk mengedepankan yang namanya 3 M. 

"Dan hari ini dilaporkan dinamika klqster ada di Pesantren, juga di rumah rumah," pungkasnya. (riantonurdiansyah)