Tips Aman Pakai Aplikasi Kencan Online

Tips Aman Pakai Aplikasi Kencan Online
ilustrasi

PANDEMI COVID-19 mewajibkan masyarakat melakukan social distancing alias jaga jarak. Hal ini rupanya mendorong aplikasi kencan online mengalami peningkatan unduhan yang signifikan.

Meski demikian pengguna pun wajib berhati-hati menggunakan aplikasi ini sebab kasus penipuan meningkat. Selain penipuan, hal mengerikan yang terjadi dari aplikasi kencan online adalah terjadinya pembunuhan.

Seperti kasus mengerikan yang terjadi baru-baru ini di sebuah apartemen di Jakarta, di mana korban dirampok, lalu dibunuh dan dimutilasi. Diketahui korban dan pelaku bertemu di aplikasi kencan online, yakni Tinder.

Untuk mencegah hal-hal yang tak dinginkan, ada beberapa tips aman dalam menggunakan aplikasi kencan online ini:

1. Gunakan aplikasi kencan terpercaya

Situs kencan makin lama makin banyak. Tapi hati-hati, ada juga situs yang berisikan penipuan di dalamnya. Karena itu penting sekali sebagai dasar untuk memilih situs yang terpercaya sejak awal.

Anda bisa memilih situs yang besar dan bereputasi seperti Tinder, JDate, Christian Mingle, OkCupid, dan Match.com untuk melindungi informasi pribadi.

Sebagian besar dari layanan kencan online yang aman ini memerlukan biaya keanggotaan, jadi pilihlah dengan bijak.

2. Jangan terlalu detail

Jangan terlalu detail dalam pemberian informasi pribadi seperti alamat rumah, nomor identitas, tanggal lahir, nama orangtua, dan nomer rekening.

Setel pengaturan keamanan ke tingkat maksimum di semua akun media sosial dan jangan pernah mengizinkan aplikasi untuk mengunggah keberadaan Anda.

3. Periksa lagi

Penting untuk memverifikasi bahwa apa yang teman kencan Anda katakan, dengan memeriksa di mana lagi foto profil atau yang ia bagikan pada Anda diunggah. Mungkin gambar profil kencan mereka sama dengan gambar profil Twitter mereka.

Dari sini Anda bisa sedikit mengenal orang tersebut sebab kebanyakan orang cenderung kurang difilter di situs media sosial seperti Twitter.

Anda dapat menemukan beberapa isyarat kepribadian yang tidak menyenangkan dari sini. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui apakah orang tersebut menggunakan foto palsu dari model/selebriti atau tidak. Anda bisa menggunakan fitur Google Image Reverse untuk mengecek apakah foto yang digunakan asli atau palsu.

4. Bertindak cerdas

Jangan bertemu dengan seseorang untuk pertama kalinya di tempat yang terlalu mudah untuk didatangi, misalnya rumah atau tempat kerja. Usahakan lakukan pertemuan di ruang publik.

Untuk berjaga-jaga, sampaikan kepada teman atau orang rumah bahwa Anda akan bertemu dengan si X di lokasi ini dan akan pulang pada pukul sekian. Ini bisa menjadi bantuan jika hal yang tidak diinginkan terjadi pada kencan Anda.

5. Jangan ragu untuk 'report' seseorang

Situs kencan yang bereputasi baik akan mendorong pengguna untuk melaporkan aktivitas apa pun yang tidak membuat nyaman. Situs-situs ini tidak mentolerir perilaku yang agresif atau ilegal.

Sebagian besar situs kencan menyertakan opsi untuk memblokir pengguna individu jika interaksi tersebut membuat Anda merasa tidak nyaman. Situs-situs ini tidak mentolerir perilaku yang agresif atau ilegal.

Jika seseorang melecehkan atau memeras Anda, segera hubungi layanan pelanggan situs kencan tersebut dan bila diperlukan laporkan pada pihak berwajib. (inilah.com)