Masalah Airbag, Volvo Recall 54.000 Mobil di AS

Masalah Airbag, Volvo Recall 54.000 Mobil di AS
istimewa

INILAH,  Washington - Volvo Cars menarik kembali untuk perbaikan alias recall terhadap 54.000 unit mobil mereka di AS karena masalah pada airbag yang sudah menyebabkan satu kematian, demikian menurut dokumen yang disampaikan kepada regulator AS.

Brand otomotif asal Swedia yang kini berada di bawah Geely Automotive itu menarik kembali model S80 dan S60 tahun produksi 2001-2003 yang dijual atau terdaftar di negara bagian AS.

Di daerah dengan iklim kelembapan tinggi, inflator airbag depan sisi pengemudi bisa pecah dan menyemburkan pertikel logam.

Menurut Reuters, berdasarkan dokumen yang disampaikan kepada regulator AS, Volvo akan mengganti inflator dengan propelan dan inflator modern. Suku cadang diharapkan tersedia pada Maret tahun depan.

Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS (NHTSA) mengatakan bahwa pihaknya mengonfirmasi satu orang di AS tewas ketika inflator airbag meledak dalam sebuah kecelakaan. Masalah tersebut telah menjadi pokok bahasan pertemuan NHTSA dan Volvo sejak Agustus 2019.

NHTSA mengatakan, kejadian fatal itu adalah satu-satunya insiden pecahnya jenis inflator ini di seluruh dunia. Bersama pihak internal Volvo, NHTSA sedang mengumpulkan dan meninjau data tentang kendaraan lain dengan inflator ini untuk menentukan apakah tindakan tambahan diperlukan.

ZF Group, selaku penyuplai komponen airbag, mengatakan bahwa pihaknya pertama kali diberitahu oleh Volvo pada Agustus 2019 tentang insiden tersebut dan segera memberi tahu NHTSA. Bersama dengan Volvo, mereka pun ikut menyelidiki insiden tersebut. (inilah.com)