Pendaftaran Bakal Calon Anggota MWA Unpad Periode 2020-2025 Resmi Dibuka

Pendaftaran Bakal Calon Anggota MWA Unpad Periode 2020-2025 Resmi Dibuka
net

INILAH, Bandung - Senat Akademik Universitas Padjadjaran (Unpad) mengundang warga negara Indonesia untuk mendaftarkan diri menjadi anggota Majelis Wali Amanat (MWA) yang mewakili unsur masyarakat periode 2020-2025.

Ketua Panitia Pemilihan Anggota MWA Unpad 2020-2025 Iwan Setiawan mengatakan, pembukaan pendaftaran calon anggota MWA Unpad yang mewakili unsur masyarakat dilakukan sehubungan akan berakhirnya masa tugas anggota MWA periode 2015-2020 dan sesuai dengan amanat Statuta Unpad.

Di dalam statuta itu disebutkan, anggota MWA Unpad yang mewakili unsur masyarakat dipilih Senat Akademik (SA) Unpad.

“Karena amanat itu, SA mempunyai kewajiban memilih anggota MWA yang mewakili unsur masyarakat yang memenuhi persyaratan,” kata Iwan, Selasa (10/11/2020).

Pendaftaran anggota MWA Unpad yang mwakili unsur nasyarakat terbuka bagi seluruh warga negara Indonesia.

“Yang terpenting adalah bisa sama-sama dengan civitas akademika dan organ lain yang ada di Unpad untuk memajukan Unpad,” tuturnya.

Sekretaris Panitia Pemilihan Anggota MWA Unpad 2020-2025 Jenny Ratna Suminar menambahkan, sebanyak 4 orang akan dipilih sebagai anggota MWA Unpad dari unsur masyarakat.

Jumlah ini didasarkan atas ketentuan dari Statuta Unpad, Peraturan Senat Akademik Unpad, serta Peraturan MWA Unpad yang menyebutkan bahwa anggota keseluruhan MWA Unpad berjumlah 17 orang. Empat orang di antaranya merupakan anggota yang mewakili masyarakat.

Anggota MWA Unpad yang lain terdiri dari Rektor (ex-officio), Menteri (ex-officio), Gubernur Jawa Barat (ex-officio), Ketua Senat Akademik (ex-officio), 6 orang wakil Senat Akademik, serta satu orang perwakilan mahasiswa, satu orang perwakilan alumni, dan satu orang perwakilan tenaga kependidikan.

Secara umum, persyaratan untuk menjadi Bakal Calon Anggota MWA Unpad yang mewakili unsur masyarakat periode 2020-2025 adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang mempunyai wawasan tentang pendidikan tinggi dan Unpad.

Kedua, mempunyai rekam jejak yang baik dalam kehidupan kemasyarakatan dan akademik. Ketiga, mempunyai komitmen untuk menjaga dan membangun Unpad, serta meningkatkan hubungan sinergis antara Unpad, pemerintah daerah, pemerintah pusat, dan masyarakat. Keempat tidak berafiliasi kepada partai politik; dan idak memiliki konflik kepentingan.

Pendaftaran Bakal Calon Anggota MWA dari unsur masyarakat mulai dibuka pada 13 – 20 November. Kemudian, pengumuman Calon Anggota MWA ditetapkan pada 24 November 2020.

"Tahapan selanjutnya yaitu diskusi gagasan pada 27-28 November, pemilihan Anggota MWA pada 28 November, dan pengumuman anggota MWA terpilih pada 29 November mendatang," imbuh Jenny.

Informasi pendaftaran Bakal Calon MWA Unpad dari unsur masyarakat bisa dilihat pada tautan pengumuman yang diunggah di situs resmi Unpad. (Okky Adiana)