Uji Emisi, DLH : Kualias Udara di Kabupaten Bogor Baik

Uji Emisi, DLH : Kualias Udara di Kabupaten Bogor Baik
istimewa

INILAH, Bogor-Kualitas udara di Bumi Tegar Beriman terbilang baik, hal itu setelah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor melakukan uji emisi gas buang kendaraan bermotor roda empat atau lebih dan uji emisi ambien di 24 titik wilayah industri.

"Kualitas udara di Kabupaten Bogor terbilang baik, hal itu kami dapatkan setelah melakukan uji emisi gas buang kendaraan bermotor dan uji emisi embien di wilayah industri, pemukiman padat dan lainnya," kata Sekretaris DLH Kabupaten Bogor Anwar Anggana kepada wartawan, Rabu, (11/11/2020).

Ia menerangkan agar kualitas udara tetap baik atau lebih baik, maka pabrik atau industri diwajibkan memenuhi baku mutu udara dalam pembuangan udara hasil produksinya.

"Pabrik harus memenuhi syarat kajian analisa dampak lingkungan (Amdal), pabrik dan masyarakat juga kami himbau untuk ikut menanam pohon atau penghijauan agar udara di Kabupaten Bogor tetap segar dan bersih," terangnya.

Kasi Pengendalian Pencemaran DLH Sugeng Suwanda menjelaskan jika pengujian uji emisi embien di 24 titik wilayah industri dikerjakan beberapa waktu lalu, maka uji emisi gas buang kendaraan bermotor dilakukan pada hari ini dan besok.

"Dalam pelaksanaan uji emisi gas buang kendaraan bermotor yang kami lakukan pada dua hari ini, kami menargetkan ada 300 unit kendaraan roda empat atau lebih yang diperiksa," jelas Sugeng.

Ia melanjutkan bagi kendaraan bermotor yang ambang emisinya dibawah baku mutu udara maka petugas penguji emisi akan memberikan sticker memenuhi ambang batas emisi.

"Bagi kendaraan bermotor yang emisi gas buangnya diatas ambang batas emisi atau baku mutu maka akan kita berikan teguran dan menjadi tembusan ke Dinas Perhubungan, untuk selanjutnya harus diperbaiki kendaraan bermotornya oleh pemilik," lanjutnya. 

Salah satu supir mobil boks Muhammad Dani (28 tahun) mengaku terbantu dengan adanya uji emisi gas buang yang dilakukan DLH Kabupaten Bogor karena menjadi deteksi dini kerusakan mobil.

"Kalau hasil uji emisi gas buangnya diatas ambang baku mutu berarti ada masalah dalam kendaraan, jika itu terjadi maka saatnya mobil yang kita bawa agar segera diperbaiki agar kerusakanya tidak menjadi lebih parah," ungkap Dani. (Reza Zurifwan)