Selain Covid-19, Dinkes Purwakarta juga Pelototi Penyakit-penyakit Ini

Selain Covid-19, Dinkes Purwakarta juga Pelototi Penyakit-penyakit Ini
net

INILAH, Purwakarta - Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta masih pasang mata untuk memantau perkembangan wabah Covid-19 di wilayah ini. Namun, ternyata bukan hanya penyebaran covid-19 saja yang menjadi fokus perhatian. Sebab, di musim penghujan seperti sekarang ini juga kerap bermunculan penyakit lainya seperti, demam berdarah dengue (DBD), infeksi saluran pernafasan akut (ISPA), dan chikungunya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta Deni Darmawan menuturkan, intensitas hujan di wilayahnya kini mulai menunjukan peningkatan. Atas dasar itu, pihaknya meminta masyarakat tetap waspada. Salah satunya, waspada terhadap serangan penyakit yang kerap muncul di musim dingin ini.

“Saat ini, kami masih fokus pada penanggulangan wabah corona. Akan tetapi, penyakit lainnya juga menjadi perhatian kami,” ujar Deni kepada INILAH, Rabu (11/11/2020).

Deni menjelaskan, penyakit-penyakit yang kerap datang di musim penghujan itu, di antaranya ISPA. Penyakit ini langganan muncul saat musim penghujan. Apalagi, disertai dengan penyakit yang diturunkan seperti asma.

“DBD, biasanya juga kerap meningkat saat pergantian musim dari panas ke penghujan. Pun demikian dengan ISPA,” kata dia.

Meski demikian, dia mengimbau warga jangan takut dengan penyakit-penyakit ini. Mengingat, DBD maupun ISPA pasti bisa diobati. Asalkan, penanganannya tepat dan cepat. Kuncinya, ada pada diri kita. Yakni, pola hidup sehat dan hidup bersih tetap harus dijaga. 

Adapun untuk mengantisipasi DBD, salah satunya dengan cara 3M. Yakni, menguras bak mandi, membersihkan saluran air dan lingkungan, serta mengubur barang-barang yang tak terpakai. Supaya, tempat-tempat itu tidak jadi lokasi berkembang biaknya nyamuk aedes aegepty, yang merupakan pembawa vektor dengue.

Selain itu, jaga pola hidup sehat. Termasuk, pola makan yang sehat dan higienis. Serta, mampu mengelola stres. Dengan tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat, maka penyakit ini bisa dihindari. 

“Kalau sudah parah, maka segera bawa ke dokter,” ujar Deni.  

Selain itu, Deni menganjurkan supaya warga memerhatikan asupan nutrisi selama musim penghujan. Makanan berkuah dan hangat, bisa membantu menjaga stamina. Seperti, sup ayam ataupun sup daging. Serta, jangan lupa konsumsi buah-buahan. Supaya, daya tahan tubuh tetap stabil. (Asep Mulyana)