Tel-U Berikan Dua Produk Inovasi ke Masyarakat Sumedang

Tel-U Berikan Dua Produk Inovasi ke Masyarakat Sumedang
istimewa

INILAH, Bandung - Sebagai implementasi tri dharma perguruan tinggi, Telkom University (Tel-U) memberikan dua produk inovasi terapan hasil karya dosen di wilayah Kabupaten Sumedang. 

Dua produk inovasi tersebut yakni alat incenerator ramah lingkungan untuk pembakaran sampah sebagai hasil penelitian dosen di Fakultas Teknik Elektro dan penerapan layanan aplikasi pengelolaan bank sampah yang terintegrasi dengan smart dropbox start up mySmash dari program studi Sistem Informasi Fakultas Rekayasa Industri.

Rektor Tel-U Adiwijaya mengatakan, kegiatan ini merupakan implementasi dari memorandum of understanding (MoU) yang telah terjalin antara Tel-U dan Kabupaten Sumedang. Rencananya, ke depan akan ada sejumlah proyek lain yang akan dikembangkan Tel-U bersama Pemkab Sumedang.

“Ke depan kita akan melakukan 8 paket abdimas (pengabdian masyarakat) di Kabupaten Sumedang. Selain itu, akan dikembangkan pula Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di sini. Saat ini, bersama Fakultas Industri Kreatif juga sedang dilakukan grand design guna pengembangan industri kreatif dan pariwisata di Jatigede, Kabupaten Sumedang,” jelasnya, Rabu (11/11/2020).

Sebagai kelanjutan kegiatan ini, tim dari Tel-U akan menggelar pelatihan bagi pengelola bank sampah di seluruh kabupaten Sumedang yang dikoordinasikan Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Komunikasi dan Informatika. Hal itu dilakukan guna menjaga konsistensi pemanfaatkan kedua produk inovasi tersebut. 

Sementara itu, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengapresiasi langkah Tel-U yang memberikan dua produk inovasi tersebut. Nantinya, alat ini akan dimanfaatkan warga Desa Sukajaya.

“Kami sangat berterimakasih atas pemberian ini, karena melalui alat ini, Tel-U telah mendukung visi dari Kabupaten Sumedang yakni terwujudnya masyarakat Sumedang yang Sejahtera, Agamis, Maju, Profesional dan Kreatif pada tahun 2023," ucap Dony. (Okky Adiana)