BPBJ Tingkatkan Kualitas Perencanaan Pengadaan Barang dan Jasa

BPBJ Tingkatkan Kualitas Perencanaan Pengadaan Barang dan Jasa
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Guna meningkatkan kualitas perencanaan pengadaan barang dan jasa, Pemkot Bogor memiliki inovasi. Bagian Pengadaan Barang Jasa (BPBJ) Setda Kota Bogor kini menggelar bulan perencanaan pengadaan barang dan jasa. 

Kepala BPBJ Kota Bogor Henny Nurliani mengatakan, inisiasi ini dilatarbelakangi arahan Presiden Joko Widodo mengenai percepatan penyerapan APBD 2020.

"Dalam arahannyam beliau menekankan pentingnya percepatan pelaksanaan belanja barang jasa untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Khususnya untuk pekerjaan kontruksi, proses tendernya dilakukan maksimal pada bulan Agustus," kata Henny kepada wartawan, Rabu (11/11/2020).

Dia menyebutkan, kegagalan dan keterlambatan proses pengadaan barang jasa seringkali diakibatkan kurang matangnya perencanaan. Seperti pada perubahan dokumen perencanaan, spesifikasi, dan cara pengadaan yang tidak sesuai serta penempatan jadwal yang tidak tepat.

"Kegiatan ini juga sejalan dengan kebijakan dalam Perpres 16 tahun 2018, yaitu meningkatkan kualitas perencanaan pengadaan barang jasa," tambahnya.

Pengguna anggaran atau kuasa pengguna anggaran juga harus memperhatikan identifikasi kebutuhan, penetapan jenis, cara dan jadwal serta anggaran pengadaan barang jasa.

"Perencanaan ini merupakan satu tahapan yang penting dalam pengadaan barang jasa. Oleh karena pentingnya membangun kesadaran akan kualitas perencanaan pengadaan yang baik, kami membuat suatu kegiatan yang dikemas dalam bulan perencanaan pengadaan," terangnya. (Rizki Mauludi)