Akibat Longsor 99 Warga Kuningan Terpaksa Mengungsi

Akibat Longsor 99 Warga Kuningan Terpaksa Mengungsi

INILAH, Kuningan,- Bencana tanah longsor terjadi di Desa Cimenga, Kabupaten Kuningan, Senin (12/2/2019). Akibatnya sebanyak 99 warga dari 33 KK terpaksa mengungsi karena rumah yang mereka tinggali terancam.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan Agus Mauludin mengungkapkan, ada sebanyak 26 unit rumah milik warga yang berada di bawah bukit terancam longsor. "Untuk warga yang diungsikan sendiri sebanyak 94 jiwa dari 33 KK," kata Agus, Selasa (12/2/2019).

Menurutnya diungsikannya warga dari rumah mereka, dikarenakan longsor mengancam tempat tinggalnya. Di mana sebuah tebing perkiraan panjang 150 meter, tinggi 150 meter dan lebar 60 meter mengalami longsor. "Sedangkan jarak ujung longsor dan rumah warga hanya 250 meter, tentu itu sangat membahayakan," ujarnya.

Kejadian longsor di Desa Cimenga, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan, itu diakibatkan intensitas hujan yang tinggi beberapa hari ini, sehingga mengakibatkan tanah gembur. Terutama kata Agus, hujan yang terjadi pada hari Minggu (10/2), di mana hujan terus mengguyur daerah itu dari pukul 14.00 WIB sampai dengan 00.00 WIB.

"Selain mengancam rumah, longsor juga menyebabkan akses jalan menuju daerah itu terputus," tuturnya. (ghi)