Apple Hadirkan MacBook dengan Chip Buatan Sendiri

Apple Hadirkan MacBook dengan Chip Buatan Sendiri
istimewa

INILAH,  Cupertino - Apple memperkenalkan laptop MacBook Air dengan chip prosesor pertama yang dirancang sendiri untuk komputer Mac.

Mengutip Reuters, chip baru yang dinamai M1 itu menandai pergeseran dari teknologi Intel yang telah menggerakkan otak elektronik komputer Mac selama hampir 15 tahun.

Langkah ini menjadi anugerah bagi komputer Apple, yang selalu dibayangi oleh iPhone namun masih menghasilkan puluhan miliar dolar AS dalam penjualan per tahun.

Dengan kehadiran chip baru ini, Apple berharap pengembang kini akan memuat keluarga aplikasi yang berfungsi baik di komputer maupun ponselnya.

MacBook Air dibanderol mulai dari US$999 atau sekitar Rp14,1 juta, sama seperti pendahulunya.

Chip Apple M1 juga akan ditanamkan pada laptop MacBook Pro 13", yang dibanderol mulai dari US$1.299 atau sekitar Rp18,4 juta, dan komputer Mac Mini seharga US$699 atau sekitar Rp9,9 juta, yang hadir tanpa monitor.

Produk baru dengan chip Apple M1 tersebut akan tersedia mulai pekan depan, menurut Vice President of Hardware Engineering Apple, John Ternus.

Saham Apple dilaporkan naik sekitar 0,2 persen saat acara peluncuran virtual yang digelar Selasa (10/11/2020) itu berakhir.

Pendiri perusahaan analis Moor Insights & Strategy, Patrick Moorhead, memperkirakan Apple akan menghemat biaya antara US$150 dan US$200 per chip dengan menggunakan prosesornya sendiri.

"Kami tidak melihat Apple menambahkan fitur mahal apa pun. Mereka akan mendapat margin yang jauh lebih tinggi," kata Moorhead. (inilah.com)