Bukan Uang, Ini Cara Persib Agar Pemain Tak Hengkang

Bukan Uang, Ini Cara Persib Agar Pemain Tak Hengkang
dok/inilahkoran

INILAH, Bandung - Persib Bandung menjadi satu di antara tim peserta Liga 1 2020 yang berhasil mempertahankan para pemainnya meski kompetisi kasta tertinggi di Indonesia itu mengalami penundaan. Bahkan utuh. 

Sementara beberapa tim seperti Persik Kediri sudah kehilangan para pemainnya. Mulai dari Ante Bakmaz, Nikola Asceric, terbaru Gaspar Vega. 

Lalu, hal yang sama terjadi pada Persita Tangerang. Tim berjulukan Pendekar Cisadane ini kehilangan dua pemain asingnya, Mateo Bustos dan Eldar Hasanovic. 

Para pemain itu terpaksa hengkang lantaran Liga 1 2020 mengalami penundaan panjang. Bahkan rencananya baru akan kembali digulirkan pada Februari 2021 mendatang. 

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Umuh Muchtar mengaku memiliki cara untuk bisa merayu para pemainnya agar tidak hengkang dan tetap bergabung dengan timnya. Seperti kedekatan. 

"Sebenarnya itu dari kita-nya sendiri. Seperti saya menganggap pemain itu teman, anak, saudara sehingga semua terjalin dengan baik," ungkap Umuh. 

Umuh mengaku tidak pernah membeda-bedakan para pemainnya. Baik itu pemain lokal asal Bandung, luar Bandung atau pemain asing. 

"Saya ke pemain tidak hanya menjaga pemainnya, tapi keluarganya juga. Kita harus merangkul itu semua," tuturnya.

Terbukti, kata Umuh, hingga saat ini tidak satu pun pemain yang meninggalkan Persib meski Liga 1 2020 mengalami penundaan yang panjang. Baik itu pemain lokal maupun asing.

"Jadi pemain akan tenang dan main juga akan bagus. Tidak terganggu urusan lain," tegasnya. 

Umuh juga bersyukur para pemain Persib menunjukan kesolidan dan kekompakannya. Tak hanya di dalam, tapi juga di luar lapangan. 

"Jadi bukan karena finansial. Bukan itu saja. Kita harus bisa merangkul semuanya," jelasnya.

Sebelumnya, Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts memiliki keyakinan yang tinggi para pemainnya tidak akan meninggalkan tim meski Liga 1 2020 mengalami penundaan. 

Selain terikat kontrak, para pemainnya ini memiliki komitmen yang kuat untuk tetap bersama Persib Bandung. Terbukti, hingga saat ini skuat Maung Bandung masih komplit. 

"Mereka tahu Persib dan manajemen sangat profesional. Mereka menjaga ucapannya, janji yang mereka berikan. Jadi tidak mudah untuk menemukan klub seperti ini di dunia. Dan kami juga berkomitmen bersama, percaya satu sama lain," ujar Robert. 

Pelatih asal Belanda ini pun mengaku sudah mewanti-wanti kepada para pemainnya untuk tetap menjaga kepercayaan yang telah diberikan selama menjalani libur selama dua bulan. 

"Saya memberi pesan kepada pemain ketika berpisah (libur) bahwa selama dua bulan tidak bertemu, kami harus tetap saling percaya bahwa kami adalah satu tim," tegasnya.

Robert berharap komitmen itu tetap terjaga. Sehingga Persib bisa tampil maksimal jika Liga 1 2020 sudah bisa dilanjutkan. 

"Jadi ketika kembali, semua tetap punya target yang sama. Apapun formatnya nanti, kompetisi di 2021, target kami adalah ingin menjadi juara. Dan kami harus tetap percaya sebagai tim meski tidak bersama-sama," pungkasnya. (Muhammad Ginanjar)