Sesi Latihan Grand Prix Valencia, Miller Geser Nakagami di Puncak

Sesi Latihan Grand Prix Valencia, Miller Geser Nakagami di Puncak
Pebalap tim Pramac Racing Jack Miller. (antara)

INILAH, Bandung - Pebalap tim Pramac Racing Jack Miller naik ke puncak catatan waktu latihan bebas di FP2 Grand Prix Valencia dan menggeser pebalap tercepat sesi pagi Takaaki Nakagami ke peringkat dua.

Miller mencatatkan waktu satu menit 30,622 detik yang membawanya unggul sangat tipis 0,091 dari sang pebalap LCR Honda.

Francesco Bagnaia mengikuti jejak rekan satu timnya itu untuk membawa dua Ducati pada peringkat tiga besar, demikian laman resmi MotoGP.

Hampir semua pebalap memperbaiki catatan waktunya dalam sesi latihan siang itu kecuali Franco Morbidelli dan Maverick Vinales yang kini melorot dari peringkat tiga besar dan bertahan di P8 dan P10 berkat catatan waktu yang mereka buat di FP1.

Pol Espargaro menjadi pebalap KTM tercepat hari itu di P4, mengunguli dua pebalap Ducati lainnya; Johann Zarco dan Andrea Dovizioso, dan pebalap tim LCR Honda Cal Crutchlow.

Sementara Alex Rins mengamankan sementara P9 untuk tim Suzuki Ecstar saat rekan satu timnya, Joan Mir, yang berpeluang mengunci gelar juara dunia akhir pekan nanti, berada di P12 setelah terjatuh di Tikungan 4.

Mir saat ini memiliki keunggulan 37 poin klasemen dari Rins dan Fabio Quartararo dengan dua balapan tersisa. Dia tinggal perlu menjaga jarak minimal 26 poin dari rival-rivalnya setelah GP Valencia usai.

Quartararo harus tampil lebih baik dari P16 dalam sesi latihan ketiga pada Sabtu jika ingin mengamankan tiket lolos langsung ke Q2 babak kualifikasi. Demikian pula Valentino Rossi yang setelah sembuh dari Covid-19 bercokol di P18.

Alex Marquez sempat terjatuh dua kali dalam sesi latihan siang itu, termasuk pada tikungan yang sama di mana Mir terjatuh.

Rookie KTM Tech3 Iker Lecuona kemungkinan baru turun saat sesi latihan bebas Sabtu setelah pekan lalu terpaksa melewatkan seri pertama yang digelar di Valencia itu karena kontak dengan saudara dan asistennya yang terpapar Covid-19.

Test rider Honda Stefan Bradl masih dimandati menggantikan Marc Marquez yang bakal melewatkan sisa musim karena harus memulihkan diri dari cedera. (antara)