Sebaran Positif Covid-19 di Garut Meluas di 37 Kecamatan

Sebaran Positif Covid-19 di Garut Meluas di 37 Kecamatan
istimewa

INILAH, Garut-Seiring kian meningkatnya kasus positif Covid-19 di Kabupaten Garut diwarnai penambahan jumlah kematian, sebaran penularan Covid-19 juga terus meluas di 37 Kecamatan.

Meluasnya sebaran penularan Covid-19 di 37 dari 42 kecamatan yang ada di Kabupaten Garut terjadi menyusul ditemukannya satu kasus baru positif Covid-19 di Kecamatan Caringin, Jum'at (13/11/2020). Kasus baru positif Covid-19 tersebut yakni laki-laki (KC-1163) berusia 34 tahun.

Dengan demikian, kini, selain kecamatan-kecamatan berada di kawasan perkotaan, hampir seluruh kecamatan di Garut berbatasan dengan kabupaten lain terdampak penularan Covid-19. Hanya dua kecamatan berbatasan dengan kabupaten lain yang tak ditemukan kasus positif Covid-19, yakni Kecamatan Peundeuy yang berbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya dan Kecamatan Cisewu yang berbatasan dengan Kabupaten Bandung.

Selain dua kecamatan tersebut, ada sebanyak tiga kecamatan lain masih nol kasus positif Covid-19, yakni Kecamatan Cisompet, Pameungpeuk, dan Kecamatan Mekarmukti.

Kecamatan selebihnya terdampak penularan Covid-19 dengan jumlah temuan kasus positif Covid-19 bervariasi, mulai satuan hingga ratusan kasus.  

Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Garut sendiri hanya memasukkan sembilan kecamatan berada di zona merah alias memiliki risiko tinggi penyebaran Covid-19, berdasarkan levelisasi kewaspadaan Covid-19 tingkat kecamatan periode 1-10 November 2020. Yakni Kecamatan Garut Kota, Karangpawitan, Pangatikan, Tarogong Kidul, Banyuresmi, Samarang, Leuwigoong, Bayongbong, dan Kecamatan Cilawu. 

Sebanyak 13 kecamatan masuk zona oranye dengan risiko penularan Covid-19 sedang, 13 kecamatan masuk zona kuning dengan risiko penularan Covid-19 rendah, dan sebanyak 6 kecamatan masuk zona hijau karena dinilai belum terdampak Covid-19. Yakni Kecamatan Pamulihan, Cihurip, Cisompet, Pameungpeuk, Caringin, Cisewu, dan Kecamatan Peundeuy. 

Padahal, persis per 10 November 2020 itu, terdapat dua kecamatan ditemukan ada kasus konfirmasi positif Covid-19, yakni Kecamatan Pamulihan, dan Kecamatan Cihurip. Masing-masing ditemukan satu kasus baru positif. Pada 13 November 2020, juga ditemukan satu kasus baru positif Covid-19 di Kecamatan Caringin. 

Dengan levelisasi kewaspadaan tingkat kecamatan itu, akankah Kabupaten Garut dapat mempertahankan zero kasus positif Covid-19 pada lima kecamatan tersisa di zona hijau yang belum terdampak Covid-19 ? 

Total jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Garut hingga 23 November 2020 mencapai sebanyak 1.202 kasus dengan 22 kasus kematian. Penularan terjadi di berbagai klaster termasuk klaster tenaga kesehatan yang mengakibatkan jumlah fasilitas pelayanan kesehatan semakin banyak mengalami penutupan sementara.(zainulmukhtar)