Laundry Jadi Bisnis Menjanjikan di Masa Pandemi

Laundry Jadi Bisnis Menjanjikan di Masa Pandemi
okky Adiana

INILAH, Bandung - Banyak bisnis yang sangat menjanjikan, apalagi disaat pandemi Covid-19, salah satunya dengan memiliki bisnis laundry The Daily Wash. Laundry ini biasa mencuci baju tiga kali seminggu, saat ini menjadi satu kali.

"Ini kan, masyarakat menghindari paparan virus saat berada di luar rumah. Saat itu, pembatasan sosial berskala besar (PSBB) diberlakukan pada Maret 2020, kami terpaksa menutup operasional tempat cuci kekinian tersebut. Dari Maret-April, omzet kita menurun 30 sampai 50 persen. Kita mulai buka kembali pada Mei, dan pada Juni-Juli mulai kembali normal,” papar CEO The Daily Wash Laundromat Herlambang Prayatno, di sela pembukaan outlet The Daily Wash Margahayu Raya, Jalan Tata Surya No 62, Kota Bandung, Sabtu (14/11/2020).

Dia mengatakan sejak PSBB dilonggarkan oleh pemerintah daerah, pihaknya langsung membuka lima outlet di wilayah Bandung Raya. Seperti, Cihanjuang Cimahi, Banjaran Kabupaten Bandung dan lainnya.

"Pandemi virus corona baru tak menjadi halangan pihaknya untuk menjalankan usaha, sekaligus membuka lapangan kerja bagi masyarakat. Bisnis laundry pelan-pelan mulai naik, karena kebutuhan orang untuk mencuci pakaian cukup tinggi ditengah kondisi sekarang ini. Karena orang tak berani lagi menggunakan pakaian yang sama untuk besok harinya,” jelas Herlambang.

Dia memaparkan sistem yang digunakan di tempatnya ada dua, yakni self-service dan drop off. Self service, orang yang datang mencuci sendiri gunakan koin yang dibeli sebelumnya dengan tarif Rp 20 ribu untuk berat cucian maksimal 7 kilogram.

Namun, pihaknya masih menerima drop off atau masyarakat menaruh pakaiannya untuk dicuci. Karena sistem self service ini masih terhitung baru di negara Indonesia.

"Tempat laundry-nya menyasar masyarakat menengah, termasuk mahasiswa dan masyarakat umum. Kalau untuk sekarang kampus kan masih belum ada perkuliahan, jadi kita membuka di kawasan permukiman atau masyarakat umum,” paparnya.

Sebagai catatan, dalam rangka pembukaan, masyarakat bisa mencuci gratis selama tiga hari, 14-17 November 2020. Setelah 17 November, masyarakat bakal mendapat diskon 50 persen bila mencuci di tempat tersebut. (Okky Adiana)