Petugas Berjibaku Bersihkan Venue Pembukaan MTQ Nasional

Petugas Berjibaku Bersihkan Venue Pembukaan MTQ Nasional
Ilustrasi (antara)

INILAH, Bandung - Seratus lebih petugas kebersihan dan relawan diterjunkan untuk membersihkan venue pembukaan MTQ Nasional XXVIII yang masih dalam proses pengerjaan di Padang Pariaman, Sumatera Barat, Sabtu (14/11).

"Kita upayakan semaksimal mungkin venue-nya bisa bersih sebelum pembukaan pukul 20.00 WIB," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumbar, Siti Aisyah di Padang Pariaman, Sabtu.

Sampah-sampah bekas gladi resik yang berlangsung malam sebelumnya masih berserakan di banyak tempat. Di lapangan serta tribun tempat duduk yang digunakan oleh masyarakat untuk menonton.

Selain itu sampah konstruksi juga masih berserakan sehingga petugas kebersihan harus bekerja ekstra, berkejaran dengan waktu.

Siti menyebut sampah konstruksi seharusnya menjadi tanggung jawab kontraktor. Namun karena waktu yang sudah sangat mepet, maka semua pihak harus turun tangan untuk membersihkan venue atau anjungan MTQ ini.

Selain sampah, Siti Aisyah juga memastikan ketersediaan toilet untuk tamu VIP maupun kafilah yang hadir pada saat pembukaan Sabtu malam sekitar pukul 20.00 WIB.

Untuk VIP direncanakan toilet kering untuk mendukung toilet stadion yang masih dalam pengerjaan dan dikhawatirkan tidak selesai serta tidak bisa digunakan saat acara.

Untuk kafilah juga disediakan toilet portabel yang akan diletakkan di sayap kiri dan sayap kanan bagian luar stadion. Tamu harus keluar dari stadion untuk bisa mencapai toilet tersebut.

Di sekitar toilet juga disiapkan tempat sampah serta petugas yang "stand by" sebagai langkah antisipasi jika terjadi kendala teknis.

Tempat duduk kafilah pada acara pembukaan juga disterilkan menggunakan cairan disinfektan. Penyemprotan dilakukan bekerja sama dengan PMI.

Sementara untuk venue pertandingan di Kota Padang, Siti memastikan tidak ada masalah. Sebanyak 125 orang petugas kebersihan dan relawan dipastikan siap bekerja dengan sistem shift untuk menjaga kebersihan.

Ia mengapresiasi peran sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berada di bawah koordinasi Dinas Lingkungan Hidup Sumbar, yang bertanggung jawab untuk kebersihan lingkungan venue.

OPD tersebut di antaranya Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang dan Padang Pariaman, BPBD, PDAM dan PUPR. (antara)